Puskesmas Bolo Raih Akreditasi Madya

Kabupaten Bima, Kahaba.- Puskesmas Kecamatan Bolo raih akreditasi status madya. Hasil tersebut berdasarkan surat Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Nomor YM.02.02/VI.14/000172/2019 perihal pemberitahuan hasil akreditasi.

Kepala PKM Bolo Nurjanah. Foto: Yadien

Kepala Puskesmas Bolo Nurjanah mengatakan, surat keputusan Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tersebut ia terima pada hari Selasa (14/10) lalu, dengan status akreditasi madya.

“Tim akreditasi sudah menilai puskesmas kami pada bulan Agustus lalu,” ujarnya, Jumat (18/10).

Kata dia, hasil akreditasi tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pihaknya menargetkan untuk mendapatkan akreditasi utama, namun yang hasil yang mampu diraih hanya akreditasi madya.

“Awalnya kita akreditasi dasar. Dan target kita sekarang harusnya akreditasi utama,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya harus tetap bersyukur. Pasalnya, kondisi bangunan dan sarana penunjang di puskesmas setempat memang masih sangat minim untuk meraih akreditasi utama.

Ia menjelaskan, kekurangan-kekurangan seperti sarana dan prasarana pendukung pelayanan, ketersediaan SDM  yang memadai seperti tenaga asisten apoteker, rekam medis, tenaga akuntan dan manajemen administrasi, harus menjadi perhatian untuk diperbaiki kedepan. Baik oleh pihaknya dan bantuan dari pemerintah daerah.

“Kekurangan tersebut akan kita benahi dan berharap keterlibatan semua pihak. Sehingga akreditasi 2022 mendatang statusnya meningkat,” harap Nurjanah.

Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak. Terutama Pemerintah daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima serta lintas sektor selama persiapan akreditasi. Sehingga status akreditasi puskesmas setempat meningkat dari yang sebelumnya.

“Semoga ke depan kita terus lebih baik agar status akreditasi meningkat menjadi Paripurna,” harapnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *