Dana Desa Tahap 3, Pemdes Nggembe Akan Bedah 19 Unit Rumah

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Nggembe Kecamatan Bolo akan membedah 19 unit rumah, yang bersumber dari dana desa tahap 3 tahun 2019.

Sekdes Nggembe Irfan. Foto: Ist

Sekertaris Desa Nggembe Irfan mengatakan, dalam pekan ini dana desa tahap 3 pemerintah desa setempat akan cair. Dana tersebut akan digunakan untuk merealisasikan sejumlah program pembangunan desa, di antaranya termasuk bedah 19 unit rumah warga desa setempat.

“Tahap 3 ini kami akan bedah 19 rumah warga dulu,” ujarnya, Senin (21/10).

Kata dia, bedah rumah lakukan untuk mengurangi total rumah tidak layak huni. Hingga pada akhirnya sudah tidak ada lagi warga yang tinggal di rumah tidak layak huni.

“Setelah dikerjakan 19 rumah ini, masih ada sekitar 20 rumah tidak layak huni yang tersisa,” katanya.

Ia mengungkapkan, sisa rumah tidak layak huni yang tidak dikerjakan tahun ini, rencananya akan dikerjakan tahun depan dengan menggunakan dana desa. Sehingga dapat dipastikan tahun depan sudah tidak ada lagi rumah tidak layak huni di desa setempat.

“Tahun ini kami juga mendapat bantuan bedah rumah dari Kementrian Sosial sebanyak 10 unit,” bebernya.

Selain program bedah rumah, sejumlah program lain yang akan dikerjakan pemerintah desa setempat menggunakan dana desa yaitu bantuan mesin pompa air 2 unit, bantuan mesin ketinting untuk melayan 8 unit, mesin kompresor 3 unit

“Ada juga insentif dan program pembedayaan lain yang menggunakan dana desa tahap 3 tahun ini,” ungkapnya.

Ia merincikan, jumlah dana desa tahap 3 sebanyak 40 persen dengan total uang sekitar Rp. 230.000.000. Anggaran itu digunakan untuk bedah rumah sebanyak Rp 96 juta, pengadaan mesin bantuan Rp 52 juta, dan sisanya untuk insentif dan program pembedayaan lain.

“Kami juga akan melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas BPD dan aparatur desa menggunakan dana desa tahap 3 ini,” urainya.

Ia berharap adanya dukungan dan partisipasi dari semua kompenen dalam merealisasikan program pembangunan desa tahun ini. Termasuk unsure BPD dan masyarakat.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *