Kondisi Bangunan Madrasah Ibtidaiyah Tarlawi Memperihatinkan

Kabupaten Bima, Kahaba.- 4 ruangan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Tarlawi kondisinya retak-retak, akibat pergeseran tanah ditambah pengaruh gempa bumi beberapa waktu lalu.

Salah satu ruangan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Tarlawi yang sudah retak parah. Foto: Ist

Kondisi ini mulai terjadi sekitar 4 tahun lalu. Saat ini tingkat kerusakannya semakin parah, retak-retak dinding bangunan semakin hari semakin membesar.

Ruangan kelas VI paling tinggi tingkat kerusakannya. Sementara ruang kelas 1 sampai 4 mengalami kerusakan pada dasar bangunan dan juga mulai merambat ke tembok bangunan.

Yusuf Kepala Sekolah MIS Tarlawi mengatakan, kondisi bangunan yang paling parah itu pada ruangan belajar mengajar kelas VI. Retaknya mulai dasar hingga ujung tembok. Penyebab retaknya tembok tersebut karena faktor pergeseran tanah dan gempa.

“Bangunan sekolah di tempat yang miring, sehingga setiap ada pergeseran tanah atau gempa kecil bangunan ikut berpengaruh,” ungkapnya, Selasa (22/10).

Sementara untuk ruang kelas 1 sampai 4 juga kata dia, mulai retak-retak. Meski tingkat retaknya tidak separah ruang kelas VI. Kondisi ini pun sudah dilaporkan di dinas terkait maupun yayasan, karena jika tidak cepat ditangani, akan semakin parah.

“Sebentar lagi memasuki musim hujan, dampak pergeseran tanah itu tentu akan semakin besar,” katanya.

Untuk itu, ia berharap pemerintah bisa memperhatikan kondisi bangunan sekolah ini sebelum kerusakanya semakin tinggi.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *