oleh

Kementerian Sosial Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Renda dan Ngali

-Kabar Bima-7 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tim Kementerian Sosial (Kemensos) meninjau lokasi kebakaran di Desa Renda dan Ngali Kecamatan Belo, Kamis (24/10). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Sub Bidang Usaha Ekonomi Produktif (UEP)/Jaminan Sosial dan Kepala Sub Bidang Bahan Bangunan Rumah (BBR), didampingi Kabag Sosial Setda Kabupaten Bima, Sekretaris Kecamatan Belo (Sekcam) dan Kabid Penanggulangan Bencana Kabupaten Bima.

Korban kebakaran di Desa Ngali saat menerima kehadiran Kementerian Sosial. Foto: Ahyar

Sekertaris Kecamatan Belo Ruyani mengatakan, kehadiran tim Kementerian Sosial RI tersebut untuk meninjau dan mengecek langsung dampak kebakaran yang terjadi di 2 desa tersebut, beberapa waktu lalu. Sehingga bisa disingkronkan dengan laporan yang telah disampaikan pemerintah setempat.

“Mereka datang untuk melihat langsung bagaimana dampak kebakaran itu,” tuturnya.

Kata dia, tim tersebut juga memastikan jumlah kerugian yang dialami warga akibat kebakaran hebat. Seperti kerugian rumah karena terbakar dan usaha-usaha yang terhambat. Sehingga bisa diberikan bantuan yang tidak saja dalam bentuk santunan, bantuan tunai dan tidak dalam bentuk barang, namun juga berbentuk bantuan perumahan, dan pemulihan usaha yang terhalang akibat bencana kebakaran.

Ia menjelaskan, saat ini tim yang hadir di lapangan tidak serta merta membawa bantuan. Namun bisa dipastikan bantuan untuk warga yang menjadi korban kebakaran di 2 desa tersebut akan diberikan dalam waktu dekat, dengan total jumlah bantuan sekitar Rp 2 miliar.

“Setelah tim ini kembali ke Jakarta, maka jumlah tunai atau bantuan itu akan langsung masuk ke rekening korban masing-masing,” bebernya

*Kahaba-C09

Komentar

Kabar Terbaru