oleh

20 Wisudawati Akbid Surya Mandiri Bima Diwisuda dan Diambil Sumpah Kelulusan

-Kabar Bima-2 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Akbid Surya Mandiri Bima kembali menggelar Rapat Terbuka Senat dalam rangka wiisuda, pelantikan dan angkat sumpah lulusan Program Diploma III Kebidanan Angkatan IX Tahun Akademik 2018/2019.

Ketua Yayasan Akbid Surya Mandiri Bima H Jubair saat memberikan sambutan pada acara wisuda. Foto: Eric

Agenda pengukuhan dan pengambilan sumpah terhadap 20 wisudawati tersebut, dilangsungkan di gedung Convention Hall, Sabtu (26/10) dipimpin Direktur Akbid Surya Mandiri Bima Nurul Qomarya. Turut hadir pula Ketua Yayasan Surya Mandiri Bima H Jubair, perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah VIII I Made Gunawan Suadaya, Asisten I Setda H Supratman, Kepala Dikes Kota Bima H Azhari, Staff Ahli Bidang Pemerintahan Kabupaten Bima, perwakilan BUMN hingga ratusan keluarga wisudawati.

Ketua Yayasan Surya Mandiri Bima H Jubair dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan seluruh wisudawati. Karena telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan akademik maupun praktek sehingga meraih gelar ahli madia kebidanan (Amd Keb).

“Selamat atas kerja kerasnya selama di bangku kuliah dan menyelesaikan semua rangkaian program studi kebidanan,” ucapnya.

Jubair mengatakan, pelantikan dan angkat sumpah ini bukan bersifat seremonial. Tapi menitikberatkan pada kualitas dan kuantitas wisudawati, yang telah memenuhi syarat, tanggungjawab, disiplin ilmu dan secara moral hingga sosial kemasyarakatan.

“Mahasiswi yang diwisuda tugasnya di kampus telah selesai, tapi setelah ini masyarakat menunggu ide, tenaga dan sumbangsih pikirannya,” kata Jubair.

Ia mengungkapkan, disaat era revolusi industri 4.0, trend ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia. Termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri. Sehingga revolusi 4.0 menanamkan teknologi kecerdasan yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia.

Dirinya pun menginginkan wisudawati dan mahasiswi lain yang masih menimba ilmu, agar memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dan benar. Karena ini sudah menjadi keharusan. Jika tidak, maka telah tertinggal jauh di belakang.

Jubair menambahkan, hingga saat ini pihaknya telah melahirkan 394 alumni terbaik. Sebagian besar telah banyak bekerja di dalam dan luar negeri, meneruskan sekolah hingga jenjang S3 serta telah bekerja di rumah sakit dan juga telah menjadi ASN.

Proses Wisuda Akbid Surya Mandiri. Foto: Eric

“Ini membuktikan sumber daya yang dihasilkan Akbid Surya Mandiri Bima memiliki kualitas yang terbaik. Sehingga mampu diserap pada dunia kerja,” tambahnya.

Sementara itu Assisten I Setda Kota Bima H Supratman mengucapkan selamat dan sukses kepada 20 wisudawati, karena telah resmi menyandang status Ahli Madya Bidan.

“Hasil yang kalian raih ini merupakan wujud dari implementasi ilmu yang didapatkan, kemudian pengabdian terhadap tugas dan tanggungjawab kepada masyarakat. Maka  kalian harus siap menjadi garda terdepan, mengabdi menjadi tenaga kesehatan dimanapun kalian berada,” kata mantan Kepala BKPSDM itu.

Supratman menyatakan setuju dengan pernyataan ketua yayasan, bahwa di era revolusi industri 4.0 tantangan telah menunggu. Informasi dan teknologi terus berkembang dengan pesat, maka tenaga kesehatan dituntut juga untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan.

Atas nama Pemerintah Kota Bima, dirinya menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan kepada jajaran Akbid Surya Mandiri Bima, karena telah mendidik hingga tugas kuliah selesai.

Dari lokasi wisuda, terdapat 10 wisudawan terbaik yang mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah dari lembaga di antaranya terbaik 1 Fitri Ojiarti Ningsih A Md Keb dengan IPK 3.84, kemudian peringkat kedua Misnah A Md Keb dengan IPK 3.79, peringkat ketiga Yayiq Norma Guphyta AMd Keb dengan IPK 3.78, urutan keempat Rahayu Ningsih Amd Keb dengan IPk 3.76, kelima Icha Putri Mayangsari AMd Keb dengan IPK 3.66, keenam Inayatul Muslimah AMd Keb dengan IPk 3.63, ketujuh Susi Susanti AMd Keb dengan IPk 3.46, kedelapan Mirna AMd Keb IPK 3.44, kesembilan Ratnah AMd Keb IPk 3.33 dan urutan kesepuluh 2 mahasiswi yaitu Iftikah AMd Keb IPk 3.31 dan Sarinah AMd Keb IPk 3.31.

*Kahaba-04

 

Komentar

Kabar Terbaru