Kabar Bima

Dana Kelurahan Tahap Pertama Terkendala Pelaporan

222
×

Dana Kelurahan Tahap Pertama Terkendala Pelaporan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Lurah Sambinae Zainuddin HMT mengakui, pihaknya sudah menyelesaikan pekerjaan anggaran dana kelurahan tahap pertama. Alokasi anggaran sebesar Rp 100 juta dikerjakan untuk drainase.

Dana Kelurahan Tahap Pertama Terkendala Pelaporan - Kabar Harian Bima
Lurah Sambinae Zainuddin HMT. Foto: Bin

“Infrastruktur yang kita bangun dari anggaran tahap pertama di RT 07 drainase sepanjang 150 meter,” katanya, Selasa (29/10).

Dana Kelurahan Tahap Pertama Terkendala Pelaporan - Kabar Harian Bima

Dari pekerjaan tahap pertama, pihaknya sudah menyelesaikan SPJ dan tinggal menyelesaikan pajak Galian C. Setelah itu, menunggu proses pencairan tahap selanjutnya untuk dikerjakan.

Terhadap pekerjaan dana kelurahan itu, Zainuddin juga mengungkapkan bahwa di sejumlah kelurahan prosesnya saat ini masih terkenda pada tingkat pelaporan.

Seperti yang diungkap asisten saat pertemuan yang digelar di Aula Kantor Walikota Bima, di Kecamatan Mpunda masih ada beberapa kelurahan yang nihil pelaporan.

“Nihil ini disebabkan keterlambatan dan tidak ada komunikasi yang intens antara pemerintah kelurahan dengan Bappeda, serta kurang adanya pengawasan, dibiarkan liar begitu,” ungkapnya.

Ia juga mengakui, anggaran keseluruhan yang diperoleh Kelurahan Sambinae sebesar Rp 375 juta. Sisa pekerjaan tahap petama akan dimanfaatkan untuk rabat gang dan talut di RT 09 sepanjang 185 meter, dengan alokasi anggaran Rp 175 juta.

Kemudian perencanaan di RT 08, dialokasikan untuk pekerjaan saluran drainase dan rabat gang. Sisanya juga ada dimanfaatkan untuk pemberdayaan sarana dan prasarana posyandu.

“Untuk partisipasi masyarakat di kelurahan kami, sangat baik. Meski ada dinamika tapi bisa diselesaikan dengan baik,” tukasnya.

*Kahaba-01