Kabar Bima

Dana Desa Tahap Pertama Cair, Pemdes Sanolo Salurkan Bantuan Pemberdayaan

226
×

Dana Desa Tahap Pertama Cair, Pemdes Sanolo Salurkan Bantuan Pemberdayaan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Sanolo Kecamatan Bolo menyalurkan bantuan pemberdayaan dari dana desa tahap pertama tahun 2019, Rabu (30/10).

Dana Desa Tahap Pertama Cair, Pemdes Sanolo Salurkan Bantuan Pemberdayaan - Kabar Harian Bima
Pemdes Sanolo saat menyalurkan bantuan pemberdayaan dair dana desa tahap pertama. Foto: Yadien

Sekretaris Desa Sanolo Arabiah mengatakan, pemerintah desa setempat baru mencairkan dana desa tahap pertama tahun 2019. Setelah pencairan, langsung merealiasikan sejumlah program yang direncanakan dalam pembangunan.

Dana Desa Tahap Pertama Cair, Pemdes Sanolo Salurkan Bantuan Pemberdayaan - Kabar Harian Bima

“Kita langsung realisasikan dengan menyalurkan bantuan untuk warga,” katanya.

Arabiah menyebutkan, ada 2 jenis bantuan yang direalisasikan pemerintah desa setempat, yakni bantuan pemberdayaan dan bantuan pembangunan. Bantuan pemberdayaan terdiri dari perlengkapan dan peralatan penyandang disabilitas untuk 8 orang, dan bantuan pengadaan mesin disel dan alat penyemprot padi masing-masing 3 unit untuk 3 dusun.

Sementara bantuan pembangunan yakni meja belajar, papan wite bond, tape recorder dan buku tulis serta ayunan dan prosotan untuk PAUD.

“Selain itu tahap pertama ini kami juga menggunakan untuk insentif marbot dan lain-lain,” bebernya.

Ia menjelaskan, untuk tahap pertama dana desa yang dicairkan hanya 20 persen dari jumlah keseluruhan dana desa tahun 2019, yakni Rp 174.000.000 lebih.

“Realisasi tahap pertama hampir rampung. Saat ini kami sedang menyusun SJP,” bebernya.

Ia berharap semoga bantuan yang diberikan kepada masyarakat bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Baik itu bantuan untuk pribadi maupun bantuan yang diperuntukkan kepada tiap-tiap dusun yang ada.

*Kahaba-10