oleh

Tahun 2020, DLH Fokus Dengan Program Kota Rindang

-Kabar Bima-20 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima tahun depan akan berkonsentrasi pada penghijauan wilayah kota. rencananya, memprogramkan kota rindang dengan menaman 1.000 lebih pohon ditiap sudut dan taman kota.

Kepala DLH Kota Bima H Alwi Yasin saat menanam pohon di sekitar jalan Soekarno – Hatta. Foto: Eric

Guna menyukseskan program tersebut, dinas tersebut tengah melakukan stek tanaman batang. Beberapa bulan ke depan, tanaman sudah besar dan sudah bisa ditanam.

“Mulai tanam nanti bertepatan dengan musim hujan. Pohon akan cepat tumbuh besar dan menjadi peneduh para pengendara dan pejalan kaki,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima H Alwi Yasin mengatakan, Rabu (30/10).

Menurut Alwi, selain menyiapkan pohon yang akan ditanam, pihaknya juga sudah mulai menginventarisir data luas lahan kritis, luas lahan tutupan dan ruang terbuka hijau.

Untuk mendata ini pihaknya pun sudah menunjuk tim teknis yang akan mengumpulkan data. Sehingga saat awal tahun 2020, DLH sudah bisa mulai penanaman.

Mantan Kepala Dinas Dikbud itu memaparkan, untuk mewujudkan kota rindang pihaknya telah memilih beberapa jenis tanaman peneduh dan tahan panas. Seperti beringin, nimba, waru, kulai, bungur dan kamboja.

“Fungsi lain pohon ini selain membuat nyaman pengguna jalan karena ada peneduh,  juga keunggulan lainnya tidak dimakan ternak, jadi aman,” bebernya.

Alwi menambahkan, agar menjaga pohon tersebut tumbuh subur dan besar. Pihaknya akan intens melakukan penyiraman, pengawasan secara menyeluruh sehingga tanaman tersebut tidak rusak.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru