oleh

Jelang BBGRM, Pemerintah Kecamatan Belo Gelar Penghijauan

-Kabar Bima-0 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Jelang pelaksanaan BBGRM, Pemerintah Kecamatan Belo menggelar penghijauan di Desa Roka, Senin (4/11). Kegiatan yang diikuti seluruh instansi, masyarakat dan sekolah di wilayah Kecamatan Belo tersebut menanam 100 pohon jati super dan 50 pohon kelor. Penanaman dimulai dari DAM Roka, lalu di sepenjang jalan di desa setempat.

Foto bersama jajaran Pemerintah Kecamatan Belo sebelum penghijauan. Foto: Ahyar

Camat Belo Bambang Setiawan mengatakan, penghijauan tersebut berfungsi untuk menghidupkan kembali sumber mata air yang semakin hari dirasa sangat kurang bahkan tidak ada.

“Semoga akan tumbuh dan datang Rahmat Allah agar mata air muncul lagi,” harapnya.

Ia membeberkan, DAM Roka memiliki potensi yang bagus. Jika dikelola dengan baik, bisa menghidupkan perekonomian masyarakat setempat. Ikan yang hasil tangkapan di Dam tersebut ternyata dijual setiap hari oleh masyarakat.

“Kenapa tidak dipelihara dengan baik, dilestarikan air dan lingkungan yang ada di sekitar ini,” ungkapnya.

Menurut Bambang, DAM dengan segala potensi yang ada itu harus dirawat dengan baik, terlebih ikan yang ditangkap warga didapat gratis, tidak perlu bayar pajak, beli pupuk dan sebagainya.

Namun, untuk membangun dan mewujudkan itu semua, tidak bisa hanya dilakukan oleh pemrintah saja. Namun perlu peran aktif semua pihak. Termasuk masyarakat dan pemuda.

“Generasi muda harus menjadi pelopor untuk menggerakkan masyarakat memelihara ini,” terangnya.

Ia mengungkapkan, di Kecamatan Belo kegiatan gotong royong akan menjadi kegiatan rutin setiap pekan. Selain dilakukan saat BBGRM, pihaknya sudah menetapkan setiap hari Jumat akan digelar gotong royong di setiap desa yang ada.

“Sebenarnya gotong royong ini harus dilakukan setiap hari, karena gotong royong banyak manfaatnya, selain silaturahmi juga akan mempererat tali persaudaraan antar desa dan kecamatan,” pungkasnya.

Pada kegiatan puncak BBGRM, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemasangan KB gratis. Selain itu juga akan menampilkan sekolah dan siswa-siswi yang berprestasi pada para undangan.

“Tujuan agar pemerintah daerah tahu bahwa di kecamatan kami tempatnya generasi-generasi yang berprestasi,” tutupnya.

*Kahaba-C09

Komentar

Kabar Terbaru