Kabar Bima

SDN 5 Sila Deklarasi Sekolah Ramah Anak

386
×

SDN 5 Sila Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ikhtiar untuk memajukan pendidikan terus dilakukan oleh sekolah-sekolah dan instansi pendidikan. Berbagai inovasi dan metode pembelajaran pun juga diterapkan. Untuk mendukung perkembangan pendidikan yang berkemajuan, SDN 5 Sila mendeklasaikan diri sebagai sekolah ramah anak, Kamis (7/11).

SDN 5 Sila Deklarasi Sekolah Ramah Anak - Kabar Harian Bima
Foto bersama siswa usai menandatangani spanduk deklarasi sekolah ramah anak. Foto: Yadien

Kepala SDN 5 Sila H Abas mengatakan, sekolah ramah anak sebenarnya sudah lama digagas sekolah setempat. Hanya saja, baru dideklarasikan saat ini.

SDN 5 Sila Deklarasi Sekolah Ramah Anak - Kabar Harian Bima

“Dari dulu kami menerapkan aturan dan metode pelajara di sini untuk mendukung sekolah layak anak,” ujarnya.

Kata dia, sejumlah indikator pendukung sebagai sekolah layak anak dilakukan tahap demi tahap. Di antaranya telah buat taman bermain yang ramah, lingkungan sekolah sejuk dan asri, membiasakan hidup bersih untuk guru dan siswa, serta hal-hal lain yang mendukung pencapaian sekolah layak anak.

“Di sini juga angka perkelahian pelajar sangat kecil bahkan hampir tidak ada,” katanya.

Menurut dia, sekolah ramah anak harus digalakkan oleh semua sekolah. Agar sekolah bernar-benar menjadi tempat belajar yang nyaman dan aman bagi para siswa. Tidak ada lagi kekerasan, diskriminasi dan kebiasaan buruk yang mengancam kesehatan anak di lingkungan sekolah.

“Kami juga membiasakan anak untuk cuci tangan dengan sabut setiap kali masuk kelas dan atau setelah istrahat,” ungkapnya.

Ia berharap semoga kedepan upayanya untuk benar-benar menjadikan sekolah setempat sebagai sekolah ramah anak terwujud lebih nyata. Sehingga menjadi contoh bagi sekolah lain.

*Kahaba-10