oleh

Nilai-Nilai Demokrasi Penting Diajarkan Sejak Dini

-Kabar Bima-28 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 telah selesai. Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima tetap konsisten untuk terus memberikan pendidikan bagi pemilih tentang Demokrasi dan Pemilu. Karena Pendidikan pemilih merupakan investasi jangka panjang yang diharapkan dapat memperbaiki kualitas perilaku memilih masyarakat pada Pemilu-Pemilu yang akan datang.

Pendidikan untuk pemilih tentang Demokrasi dan Pemilu di saah satu di Kota Bima. Foto: Ist

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Bima Yety Safriati menjelaskan, sasaran pendidikan pemilih saat ini adalah masyarakat pra pemilih. Yaitu masyarakat yang usianya di bawah 17 tahun dan belum ditetapkan sebagai pemilih.

“Para pemilih pemula ini lah yang akan turut mempengaruhi perilaku pemilih pada Pemilu yang akan datang,” jelas Yety, usai melakukan kegiatan sosialisasi RPP Lawata di MAN 2 Kota Bima.

Menurut dia, pemilih pemula perlu dibekali dengan Pendidikan berdemokrasi yang benar, serta semangat menjalankan nilai-nilai demokrasi di kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang terkandung dalam system demokrasi, tidak hanya berlaku pada saat Pemilu, namun dalam keseharian juga mesti dijalankan. Terutama di lingkungan sekolah dan masyarakat.

“Nilai-nilai demokrasi yang harus ditanamkan dan menjadi perilaku masyarakat adalah menghargai perbedaan, toleransi, bertanggungjawab atas sikap dan ucapan, serta mengedepankan musyawarah mufakat,” jelasnya.

Apabila masyarakat sudah terbiasa menjalankan nilai-nilai demokrasi dalam perilaku keseharian, maka bisa dipastikan, pelaksanaan Pemilu yang akan datang pasti akan aman. Tidak perlu hawatir akan adanya gerakan intoleransi dan perpecahan, hanya karena beda pandangan dan beda pilihan politik.

“Ini lah tujuan utama kita melaksanakan kegiatan sosialisasi seperti saat ini,” tuturnya.

Mantan wartawati ini menuturkan, untuk kegiatan sosialisasi RPP Lawata dilaksanakan dibeberapa sekolah SMA/SMK/MA yang ada di Kota Bima. Dari tiga hari kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ada 12 sekolah yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi. Yaitu, SMAN 1 Kota Bima, SMAN 2 Kota Bima, SMAN 3 Kota Bima, SMAN 4 Kota Bima, SMAN 5 Kota Bima, SMKN 1 Kota Bima, SMKN 2 Kota Bima, SMKN 3 Kota Bima, SMKN 4 Kota Bima, MAN 1 Kota Bima, MAN 2 Kota Bima dan SMA Muhamadyah Kota Bima.

Narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut adalah Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, didampingi oleh Kasubag dan staf secretariat KPU Kota Bima. Sementara peserta sosialisasi adalah siswa/siswi pelajar di sekolah tersebut.

“Alhamdulillah peserta sosialisasi terlihat begitu antusias menerima materi sosialisasi yang kami sampaikan,” pungkasnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru