Komunitas Hijau Bima Bahas Lingkungan Secara Terbuka

Kota Bima, Kahaba.- Memperingati 2 tahun berdiri, Komunitas Hijau Bima menggelar diskusi instansi terkait dengan Tema “Sedekah Lingkungan” di Suhendar Cafe, Jumat (8/11).

Foto bersama Komunitas Hijau dan peserta diskusi pembahasan lingkungan secara terbuka. Foto: Deno

Kegiatan yang digagas pengurus organisasi sadar lingkungan itu dihadiri Kepala Dinas DLH Kota dan Kabupaten Bima, anggota DPRD Kota Bima. Juga turut hadir Presiden Republik Seruput Paox Iben yang juga penggiat budaya, pemerhati lingkungan dari Komunitas Mombo Ncera, Nisa Bea, Komunitas Coco Bola, budayawan serta komunitas pemerhati lingkungan lain.

Pendiri Komunitas Hijau Didik Fardiansyah menyampaikan, diskusi itu dihelat sebagai bentuk penegasan dan komitmen bahwa mereka merupakan mitra kerja pemerintah untuk merawat lingkungan yang jauh lebih bersih dan terlihat hijau.

“Out put kegiatan milad yang dirangkaikan ramah tamah ini agar ada rekomendasi dari pemangku kebijakan, baik dari Provinsi NTB maupun yang ada di Kota Bima dan Kabupaten Bima untuk mendorong terwujudnya lingkungan yang bersih dan hijau,” ujarnya.

Kata Didik, ada dua isu yang dibicarakan dalam diskusi terbut. Pertama isu degradasi kawasan dan lahan serta isu sampah, agar lingkungan di seluruh NTB bersih dan terlihat hijau.

Sementara itu, Staf Ahli Kemasyarakatan dan Lingkungan Hidup Setda ota Bima M Farid yang mewakili Walikota Bima menyampaikan, Kota Bima mengolah 70 ton sampah tiap hari. Untuk itu, harus ada langkah strategi yang jitu untuk menanganinya, sehingga tidak menjadi penyakit dan menggangu kesehatan warga.

“Harus ada koordinasi yang intens dari Pemerintah Provinsi NTB dan Kota Bima menentukan langkah yang tepat untuk menangani masalah sampah dan lingkungan,” sarannya.

Farid juga mengajak semua pihak untuk menciptakan iklim yang kondusif dan mengelola sampah dengan baik. Komunitas Hijau pun diminta berperan untuk menangani masalah sampah dan penghijauan yang ada di daerah timur, agar Kota Bima terlihat bersih dan menjadi Kota yang hijau.

“Kami sangat mendukung peran Komunitas Hijau ini, kami juga siap untuk bersinergi untuk menjaga lingkungan Kota Bima,” katanya.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *