Tes Tulis Seleksi Panwascam Pakai Sistem Online

Kabupaten Bima, Kahaba.- Proses rekruitmen anggota Panwaslu Kecamatan yang tak lama lagi akan dilakukan Bawaslu Kabupaten Bima, tidak seperti sebelumnya.

Kordiv Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin. Foto: Ist

Sebagaimana dikemukakan Kordiv Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin, sesuai hasil Rapat Koordinasi bersama Bawaslu RI, untuk seleksi tertulisnya dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) Socrative.

“Metode tes tulis online ini merupakan pedoman teknis yang diputuskan Bawaslu RI,” jelas Joe, sapaan akrabnya, Senin (11/11).

Menurut dia, penerapan sistem seleksi tertulis dengan sistem online merupakan terobosan dalam mengikuti perkembangan teknologi. Selain itu, untuk menjaga integritas dan objektivitas Bawaslu kabupaten kota yang melaksanakan seleksi dimaksud.

Joe menjelaskan, dengan penerapan tes tulis online ini, Komisioner Bawaslu bisa terhindar dari fitnah bocoran soal atau kunci jawaban.

“Karena tes tulisnya online, sumber soal langsung dari Bawaslu RI, dan setelah seleksi berlangsung peserta dapat mengetahui hasilnya,” urai Joe.

Bagaimana dengan kesiapan sarana dan jaringan? mantan jurnalis ini merasa, hal tersebut akan dibicarakan dengan pimpinan Bawaslu Kabupaten Bima. Namun dia meyakini itu dapat dilaksanakan meski dengan sarana yang terbatas.

“Soal sarana dan jaringan ini kami juga koordinasi lebih lanjut dengan Bawaslu Provinsi,” tandasnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *