Kabar Bima

RPP Lawata Dikunjungi Siswa SMAN 1 Kota Bima

557
×

RPP Lawata Dikunjungi Siswa SMAN 1 Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Siswa – siswi SMAN 1 Kota Bima berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima, Senin (11/11). Kunjungan mereka berlangsung seru, karena diakhir kunjungan pelajar kelas 12 tersebut diberikan kesempatan untuk mengikuti kuis yang sudah disiapkan.

RPP Lawata Dikunjungi Siswa SMAN 1 Kota Bima - Kabar Harian Bima
Pelajar SMAN 1 Kota Bima saat berkunjung ke RPP Lawata. Foto: Ist

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati menjelaskan, kunjungan pelajar tersebut merupakan rangkaian kegiatan RPP In. Di RPP Lawata, pelajar bisa melihat langsung hasil Pemilu dan Pemilihan dari tahun ke tahun. Serta informasi lain yang berhubungan dengan Pemilu dan Demokrasi.

RPP Lawata Dikunjungi Siswa SMAN 1 Kota Bima - Kabar Harian Bima

“Kunjungan siswa hari ini merupakan kegiatan kunjungan balasan, setelah pekan lalu kami turun ke sekolah menyampaikan sosialisasi tentang RPP Lawata KPU Kota Bima,” jelas Yety rilis yang disampaikan ke media ini.

Diakuinya, kunjungan pelajar tersebut dimulai pukul 09.30 Wita sampai pukul 11.00 Wita. Sebelum memasuki ruang tunggu dan ruang display (pameran), pengunjung diberikan kesempatan untuk mengisi buku tamu. Kemudian diajak untuk masuk ke ruang tunggu, ruang display dan ke ruang audio visual.

Di ruang audio visual, pengunjung menyaksikan film tentang sejarah Pemilu. Kemudian secara berkelompok, siswa-siswi tersebut diberikan kesempatan untuk menyelesaikan kuis yang sudah disiapkan.

Yang pertama, peserta diminta untuk menyusun kata yang berhubungan dengan Pemilu dan Demokrasi. Peserta yang paling banyak menyusun kata, keluar sebagai pemenang. Kuis kedua, pengunjung diminta untuk menyusun urutan penyelenggara Pemilu mulai dari tingkat pusat sampai tingkat TPS.

“Alhamdulillah, pemahaman mereka seputar Pemilu dan Demokrasi cukup bagus. Kuis yang diberikan pun, mampu diselesaikan dengan tepat waktu,” ujarnya.

Kunjungan pelajar tersebut diakhiri dengan berkunjung ke Perpustakaan Mini dan Ruang Simulai TPS. Di ruang Simulasi TPS, siswa-siswi diperkenalkan dengan denah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan juga petugas-petugas yang bertugas di TPS saat proses Pemungutan dan Penghitungan Suara.

“Kunjungan pelajar tadi cukup seru. Tadi kami berpesan dan mengingatkan mereka, bahwa pintu RPP Lawata selalu terbuka bagi siapapun yang ingin mendapatkan ilmu tentang Pemilu dan Demokrasi,” pungkas Yety.

*Kahaba-01