2 Desa di Soromandi Bulan Ini Deklarasi ODF

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 2 desa di Kecamatan Soromandi akan deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) pada bulan ini. 2 desa itu yakni Desa Sampungu dan Lewintana.

Kepala Puskesmas Soromandi Radiman. Foto: Yadien

Kepala Puskesmas Soromandi Radiman mengatakan, hingga saat ini sudah 3 desa di kecamatan setempat yang mendeklarasikan diri sebagai desa ODF. 3 desa itu yakni Desa Kananta, Wadu Kopa dan Desa Bajo.

“Desa Kananta dan Wadu Kopa deklarasi ODF pada tahun 2018, sementara Desa Bajo deklarasi pada bula Mei 2019,” ujarnya.

Sementara 2 desa lagi kata dia, akan mendeklarasikan diri sebagai desa ODF pada bulan November 2019 ini, yakni Desa Sampungu dan Lewintana.

“Tinggal menunggu undangan dari Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Bima,” katanya.

Ia membeberkan, belakangan ini sosialisasi dan motivasi kepada masyarakat agar memiliki jamban sendiri terus dilakukan. Selain itu, pihaknya juga mengadvokasi melalui pemerintah desa.

“Kami berikan data warga yang belum memiliki jamban agar dibantu melalui dana desa,” bebernya.

Radiman mengungkapkan, jika 2 desa itu telah deklarasi bulan November ini, maka di kecamatan setempat tersisa hanya 2 desa lagi yang belum deklarasi ODF, yakni Desa Sai dan Punti.

“Desa Sai dan Punti akan deklarasi tahun 2020. Sekaligus Deklarasi ODF tingkat Kecamatan Soromandi,” ungkapnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *