PKBM Ihsan Adakan Lomba Peningkatan Literasi Dasar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Ihsan Sondosia menggelar lomba peningkatan literasi dasar, Selasa (19/11). Dari lomba itu diharapkan bisa meningkatkan 6 literasi dasar, yakni literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya.

Suasana lomba peningkatan literasi dasar di PKBM Ihsan. Foto: Yadien

“Melalui lomba ini kami berharap ada peningkatan kemampuan literasi para peserta,” ujar Ketua PKBM Ihsan Khairunnisa.

Kata dia, sebanyak 4 mata lomba akan dilombakan pada kegiatan itu. Yakni lomba membaca puisi dan bercerita untuk SD, lomba cerdas cermat untuk kelas keaksaraan dasar, dan lomba mewarnai gambar untuk PAUD.

“Ada 3 kategori peserta. Ada yang dari PAUD, SD, dan keaksaraan dasar,” katanya.

Ia merincikan, lomba membaca puisi 6 orang, bercerita 6 orang, lomba mewarnai gambar 50 orang, dan cerdas cermat diikuti 10 regu atau sebanyak 30 orang. Sementara total peserta yang mengikuti lomba sebanyak 112 orang.

Ketua Tim Penggerak PKK Sondosia Junari menyampaikan terimakasih kepada ketua PKBM Ihsan yang telah menyelenggarakan kegiatan itu. Pasalnya, sejumlah anggota PKK desa setempat dilibatkan dan mendapatkan pelajaran yang banyak.

“Anggota PKK Sondosia sudah banyak yang memiliki kemampuan dan keahlian karena PKBM ini,” tuturnya.

Bahkan saat ini sejumlah anggota PKK tersebut sudah mahir menjahit baju karena mengikuti pelatihan di PKBM setempat sebelum ini.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Kepala UPT Dikbudpora Kecamatan Bolo yang diwakili oleh Penilik PAUDikmas, Jakariah. Ia mengaku bangga dan berterimakasih kepada ketua PKBM Ihsan karena aktif membangun kegiatan positif di PKBM setempat.

“Ini sudah kesekian kalinya saya mengadiri kegiatan-kegiatan di PKBM ini,” ungkapnya.

Menurut dia, apa yang telah dilakukan oleh PKBM Ihsan tersebut harus dicontohi oleh PKBM-PKBM yang lain. Sehingga PKBM bisa menjadi ruang aktif untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Ini harus dicontohi dan diteladani,” ungkapnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *