Dukcapil Perekaman E-KTP di Peluncuran Tahapan Pilkada Kabupaten Bima

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Dukcapil Kabupaten Bima memanfaatkan kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima, di Lapangan Garuda Desa Nisa, Rabu (20/11) untuk melaksanakan perekaman E-KTP, KK dan Akte Kelahiran.

Suasana perekaman E-KTP di lokasi Peluncuran Tahapan Pilkada Kabupaten Bima 2020. Foto: Bin

Di lokasi acara, Dinas Dukcapil langsung melayani pembuatan administrasi kependudukan di stand yang disediakan oleh panitia pelaksana kegiatan peluncuran tersebut. Sejumlah masyarakat juga terlihat mengantri untuk melakukan perekaman.

Kabid Pendaftaran Kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten Bima Eny Istiana menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan KPU Kabupaten Bima, dan pihaknya diundang untuk berpartisipasi.

“Di acara ini kami melakukan perekaman dan langsung cetak E-KTP, KK dan Akte Kelahiran,” ungkapnya di lokasi perekaman.

Eny menyebutkan, sejak dibuka stand tersebut pada sore hari tadi, sudah tercatat jumlah masyarakat yang melakukan perekaman KTP sebanyak 27 lembar. Kemudian untuk mengantisipasi kekurangan blangko, selebihnya diberikan surat keterangan (Suket). Suket tersebut sama berfungsinya dengan dengan E-KTP dan memiliki NIK.

“Selain KTP, jumlah KK yang dibuat sebanyak 48 lembar dan akte kelahiran 80 lembar,” sebutnya.

Selain melakukan perekaman di lokasi acara tersebut, pihaknya juga sudah lebih dari 2 tahun turun ke desa – desa untuk melakukan perekaman. Bahkan desa yang saat ini sangat proaktif mengundang Dukcapil untuk membuat administrasi kependudukan tersebut.

Eny mengakui, gencarnya Dinas Dukcapil melakukan perekaman tidak hanya untuk kepentingan Pilkada nanti. Tapi sudah menjadi kewajiban untuk dilakukan hingga target zero waste terwujud.

“Saat ini ada sekitar 4.129 warga yang belum merekam KTP, dan ini tersebar di seluruh kecamatan. Dan kita optimis bisa menyelesaikannya dalam waktu yang tidak terlalu lama,” terangnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *