DPPPA Bakal Launching Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mempersiapkan agenda persiapan Launching rumah aspirasi pemberdayaan perempuan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) bersama jajaran terkait menggelar rapat persiapan di ruang Assisten I Setda Kota Bima, Rabu (20/11).

Suasana rapat persiapan Launching Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan di ruang Assisten I Setda Kota Bima. Foto: Eric

Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad menyampaikan, rapat tersebut merupakan bagian dari salah satu program inovasi DPPPA tahun 2020, yang menjadi bagian dari dukungan terhadap berbagai program yang ada di Pemerintah Kota Bima. Terutama di bidang pemberdayaan perempuan.

“Rumah aspirasi pemberdayaan perempuan ini akan berlokasi di setiap kelurahan dan berada di bawah pembinaan Lurah setempat. Tapi untuk pekan depan, akan diresmikan terlebih dahulu di Kelurahan Rabadompu Barat, Rabangodu Utara dan Penatoi,” ujarnya.

Ahmad menuturkan, tujuan rumah aspirasi ini antara lain untuk meningkatkan keterampilan perempuan dan berdaya saing, kemudian meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai sosial, lalu sebagai sarana penyampaian aspirasi dan bertukar pikiran.

“Melalui rumah aspirasi ini ke depan dapat meningkatkan sumberdaya manusia khususnya kaum perempuan, serta memfasilitasi kegiatan perempuan untuk berperan dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga akan menindaklanjuti dengan pembuatan MoU bersama para stakeholder. Baik dari unsur organisasi wanita, maupun perangkat daerah agar pelaksanaan program bersifat kolaboratif.

“Program ini titik fokusnya untuk mengurangi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, terutama yang terjadi di lingkungan keluarga dan masyarakat,” bebernya.

Ahmad menambahkan, guna mensukseskan program ini, maka salah satu langkah yang diambil ke depan adalah membangun sistem yang dapat melakukan deteksi dini terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Tentu sistem ini harus didukung oleh fungsi kontrol dari masyarakat, agar dapat memberikan informasi kepada instansi terkait.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *