Kabar Bima

KPU Kabupaten Bima Launching Tahapan Pilkada 2020

191
×

KPU Kabupaten Bima Launching Tahapan Pilkada 2020

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar launching tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Rabu (20/11) di lapangan garuda Desa Nisa Kecamatan Woha.

KPU Kabupaten Bima Launching Tahapan Pilkada 2020 - Kabar Harian Bima
Dibunyikan serine saat Launching Tahapan Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2020. Foto: Yadien

Ketua Panitia kegiatan Kurniawan menyampaikan, melalui kegiatan itu KPU mensosialisasikan tahapan Pilkada tahun 2020 kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat juga diharapkan mengetahui dan mengenal maskot Pilkada 2020.

KPU Kabupaten Bima Launching Tahapan Pilkada 2020 - Kabar Harian Bima

“Melalui kegiatan ini, kita membuat komitmen untuk sama-sama menyukseskan Pilkada nanti,” ujarnya.

Kata dia, Pilkada kali ini KPU mengusung tema mewujudkan Pilkada tahun 2020 Maraso, yang berarti bersih. Maraso juga singkatan dari Mandiri, Akuntabel, Responsif, Aksesibilitas, Sinergisitas dan Objektif.

Dari kegiatan itu tersebut juga dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah serta pelayanan administrasi kependudukan.

“Kami menyampaikan terimaksih kepada Dukcapil yang telah memberikan pelayanan Adminduk, serta BSMI yang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis,” ucapnya.

Ketua KPU Kabulaten Bima Imran menyampaikan, KPU dan seluruh masyarakat Kabupaten Bima baru-baru ini telah melewati proses dan tahapan pemilihan umum 2019, sehingga menghasilkan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR dan DPRD.

Menurutnya, Pemilu di Kabupaten Bima terbilang sukses tanpa ada gangguan dan kegaduhan. Bahkan  partisipasi pemilih di Kabupaten Bima melampaui target nasional.

“Itu menunjukan bahwa antusiasme kita di Kabupaten Bima sangat besar,” katanya.

Pencapaian itu, diharapkan mampu diraih kembali pada Pilkada yang akan digelar pada rahun 2020 nanti. Sehingga Kabupaten Bima kembali meraih predikat sebagai daerah dengan partisipasi pemilih yang baik.

“Kita juga telah menghapus status zona merah yang sebelum ini dilabelkan pada daerah kita,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan partisipasi pemilih yang lebih baik, pada Pemilu kali ini pihaknya bahkan melibatkan penerjemah disabilitas yang akan sosialisasikan pemilu pada masyarakat disabiltas.

“Agar partisipasi masyarakat disabilitas juga tinggi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada KPU dan seluruh masyarakat Kabupaten Bima yang telah melewati sejumlah tahapan Pilkada dengan baik. Sebagai kepala daerah, ia mengiginkan Pilkada mampu melahirkan pemimpin yang baik, bersih dan menjadi harapan seluruh masyarakat Kabupaten Bima.

“Pilkada sudah sangat dekat. Semua peserta politik dan penyelenggara Pemilu harus bekerja dengan baik sesuai tahapan yang diatur,” jelasnya.

Yang tidak kalah penting sambungnya, keamanan daerah menjelang sampai Pemilu dilaksanakan harus tetap dijaga. Sebab kesuksesan Pemilu bukan saja tanggungjawab penyelenggara. Namun tanggungjawab semua elemen termasuk tokoh agama, masyarakat dan pemuda.

*Kahaba-10