oleh

Cegah Stunting, TK PAUD Al Mahasin Gelar Gerakan Edukasi Makan Ikan

-Kabar Bima-28 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Bertujuan mencegah stunting sejak dini sehingga melahirkan generasi cerdas, jajaran TK PAUD Al Mahasin menggelar kegiatan gerakan edukasi makan yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Siswa TK PAUD Al Mahasin saat menangkap ikan di kolam sekolah setempat. Foto: Eric

TK PAUD Al Mahasin turut menggandeng beberapa pihak untuk mensukseskan kegiatan yang diprakarsai Kementrian Kelautan dan Perikanan RI tersebut. Di antaranya Himpaudi, Kelompok Bermain, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dan beberapa instansi serta lembaga lain.

Kepala TK Paud Al Mahasin Ati Januarti mengungkapkan, kegiatan ini untuk mengajak siswa mengetahui tentang manfaat mengkonsumsi ikan. Sebab makan ikan akan membuat anak cerdas dan terampil.

“Keunggulan ikan juga adalah dapat mencegah stunting, jadi bisa juga menciptakan generasi emas,” jelasnya.

Nur menuturkan, dari kegiatan ini pula pihaknya merangkaikan dengan berbagai jenis hiburan. Sehingga siswa bisa bermain, belajar dan bergembiralayaknya dunia anak-anak yang penuh keceriaan.

Adapun jenis kegiatan yang dipadukan seperti menyanyi, bercerita, belajar dan beberapa aktifitas lain. Sehingga anak tidak jenuh saat mengikuti kegiatan dan bisa menikmati dunianya.

Sementara itu kata Ketua Yayasan Al Mahasin Nurfarhati menjelaskan, pihaknya kini terus menata sarana dan prasarana tempat belajar siswa sehingga dapat mewujudkan sekolah sehat sesuai standar pendidikan.

Upaya mencegah stunting itu juga bisa dilakukan dengan menyediakan fasilitas pendidikan yang komplit. Sehingga anak-anak betah dan bahagia saat mengikuti rangkaian kegiatan belajar.

“Semua sarana belajar dan bermain anak telah tersedia, termasuk penyediaan kolam ikan dari berbagai jenis. Jadi saat panen tiba, siswa bisa langsung menikmati bersama sesuai dengan misi untuk mengajak siswa gemar makan ikan,” bebernya.

Harus diakui sambungnya, misi gemar makan ikan ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Agar terus mensosialisasikan secara terus menerus betapa pentingnya mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan. Karena dengan konsumsi ikan, maka kualitas generasi emas 2045 bica tercapai.

“Untuk mensukseskan program generasi emas ini, TK Paud Al Mahasin merupakan salah satu lembaga holistic integral. Jadi ikut bekerjasama dengan 12 OPD di Kota Bima yang siap membantu dan bekerjasama membangun generasi emas,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru