oleh

OPD Diminta Kelola dan Update Website Secara Intens

-Kabar Bima-3 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Untuk memudahkan kinerja dalam mengelola akses informasi di Kota Bima, Dinas Komunikasi dan dan Informatika (Diskominfo) Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) website, teknologi informasi dan komunikasi untuk setiap OPD, selama 2 hari Senin dan Selasa (25-26/11).

Dinas Kominfo saat bimtek website tekhnologi informasi dan komunikasi di Aula Kantor Walikota Bima. Foto: Eric

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor Walikota Bima Senin (25/11) tersebut dihadiri Kepala Diskominfo Kota Bima Supawarman, Pemateri Endang Sri Sumanti dan Abdul Gafar, serta puluhan operator pengelola website setiap OPD.

“Bimtek ini untuk mendorong percepatan dalam memberikan informasi, terlebih terkait dengan program kerja dan kebijakan setiap OPD. Sehingga agenda kegiatan dapat terpantau setiap hari,” paparnya.

Supawarman menuturkan, setiap admin yang sudah di bimtek ini ke depannya dapat dibuatkan Surat Keputusan (SK) dinas oleh setiap kepala OPD. Sehingga pengelolaan website, dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami ingin penyampaian data dan informasi kepada masyarakat maupun pengguna, dapat diperoleh melalui website OPD. Sehingga masyarakat dapat mengakses informasi secara baik dan benar,” katanya.

Supawarman mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang merupakan dasar hukum bagi lembaga publik untuk melakukan publikasi informasi kegiatan yang dilaksanakan.

Bimtek ini pun dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah, lebih khususnya operator dalam mengelola website pemerintah. Dengan harapan dapat dipublikasikan dalam rangka keterbukaan informasi publik dan mengurangi pemberitaan negatif bahkan informasi hoax.

Sementara itu Sekretaris Diskominfo Kota Bima Ahmadi menambahkan, agar para peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan baik sejak awal hingga akhir. Sehingga dapat mengaplikasikan materi yang didapat, agar bisa diterapkan setelah kembali ke masing-masing OPD.

“Semoga lewat bimtek ini, setiap OPD dapat mempublikasikan segala bentuk informasi yang ada di dinasnya. Baik informasi program kerja kegiatan, serta informasi pelayanan publik lainnya,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru