oleh

Antisipasi Banjir Musim Hujan, Pemdes Ndano Buat Spal

-Kabar Bima-13 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Untuk mengantisipasi banjir dan aliran pembuangan limbah warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Ndano Kecamatan Madapangga membuat Spal di RT 01 dan 02 dengan volume 160 meter.

Pengerjaan spal oleh Pemdes Ndano. Foto: Ist

Kata Kepala Desa Ndano Mulyadin HM Syukur, pembuatam spal itu menggunakan dana desa tahap III tahun 2019, sebanyak 58 juta. Kemudian pekerjaannya dimulai pada Senin (25/11) dan direncanakan berlangsung selama 4 hari selesai.

“Untuk pemberdayaan, pelaksana diarahkan menggunakan tukang warga sekitar sebanyak 10 orang. Semua tukang warga sekitar yakni sekaligus pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Untuk pengadaan bahan material seperti batu, pelaksana membeli pada masyarakat. Itu dilakukan untuk memberdayakan masyarakat di desa setempat.

“Tapi bahan material pasir kita mengambil di Tambora karena dinilai sangat bagus. Sedangkan bahan material semen dibeli di toko yang ada di desa setempat,” terangnya.

Pembuatan Spal ini berdasarkan pengusulan masyarakat melalui Musyawarah Dusun (Musdus), dengan tujuan agar aliran air pada saat musim hujan tidak masuk di pemukiman warga.

Dirinya berharap, setelah Spal ini selesai dikerjakan, warga harus menjaga dan merawatnya supaya dirasakan manfaatnya dalam waktu yang lama.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru