Ratusan Lansia di Kota Bima Ikut Operasi Katarak

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kesehatan menggelar operasi katarak di RSUD Kota Bima, Rabu (27/11). Kegiatan yang dihelat rutin setiap tahun itu diikuti ratusan masyarakat lanjut usia (Lansia).

Kepala Dikes Kota Bima H Azhari bersama kepala BNNK Bima dan perwakilan RS Mata NTB di lokasi operasi katarak. Foto: Bin

Kepala Dikes Kota Bima H Azhari, operasi katarak ini merupakan yang kesekian kalinya digelar Pemerintah Kota Bima, untuk membantu para lansia yang mengalami gangguan penglihatan di usia senja.

“Target operasi kali ini sebanyak 200 orang, tercatat yang sudah mendaftar sudah banyak dan mencapai target,” katanya, di lokasi operasi katarak.

Diakui Azhari, operasi katarak ini bekerja sama dengan BNNK Bima, RS Mata Mataram, Perdami, FHF NTB dan didukung penganggarannya dari Bagian Kesra Setda Kota Bima. Sementara peserta tersebar di seluruh kecamatan yang sudah mendaftarkan diri di 7 puskesmas.

“Operasi gratis ini digelar hari ini sampai besok
Setelah dioperasi, peserta diharapkan bisa kembali ke RSUD Kota Bima untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Selama kegiatan itu, Ketua Tim Operasi dipimpin Direktur Rumah Sakit Mata NTB dr Handomi dan 15 orang tim akan melayani para lansia. Kemudian di ruangan operasi, 4 orang dokter akan menjalankan tugas.

Ia pun berharap kegiatan itu bisa berjalan dengan lancar, warga Kota Bima yang menderita katarak dan menjalani operasi bisa sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa.

Pasien operasi katarak M Amin mengucap terimakasih untuk pelayanan yang diberikan penyelenggara kegiatan tersebut. Dirinya bersama istri yang menjalani operasi merasa sangat bahagia. Sebab, sudah beberapa tahun terakhir ini sudah tidak bisa melihat dengan jelas.

“Mata saya semuanya sudah kabur, hari ini dioperasi sebelah, semoga lancar,” harapnya.

Ia pun berkeinginan kegiatan serupa terus dilakukan pemerintah pada tahun-tahun mendatang. Karena jumlah penderita katarak di Kota Bima tidak sedikit.

Dirinya pun ingin, jika ada operasi yang sama digelar lagi tahun mendatang, bisa ikut berpartisipasi dan dioperasi untuk menyembuhkan katarak mata yang sebelahnya lagi.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *