oleh

Wisata Edukasi, DLH Bangun RTH di DAM Rontu

-Kabar Bima-11 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Saat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima sedang membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di depan DAM Rontu. Rencananya, RTH tersebut akan menjadi wisata edukasi untuk masyarakat.

Kepala DLH Kota Bima berdiri di lokasi RTH DAM Rontu. Foto: Bin

Kepala DLH Kota Bima Alwi Yasin menjelaskan, RTH di DAM Rontu tersebut dibangun tepat di dam tersebut. Selain menjadikan wisata edukasi kepada warga untuk mencintai keindahan dan kebersihan, tempat itu akan menjadi salah satu spot selfie yang bakal disukai warga Kota Bima.

“Untuk melengkapinya nanti, kita akan undang warga untuk pemberdayaan ekonomi kreatif. Jadi nanti akan dijual kopi makanan di sekitar dam tersebut,” katanya.

Diakui Alwi, kendati pekerjaan ini tidak memiliki anggaran, pihaknya memanfaatkan peralatan yang ada untuk memulai melakukan pematangan lahan. Demikian pun selanjutnya nanti, karena pekerjaan itu tidak ada dalam DPA dinas.

“Ini bentuk perhatian kita saja, karena lahannya bagus untuk RTH,” terang Alwi.

Ia menegaskan, pada lokasi RTH ini belum dibangun konstruksi. Rencananya, akan diupayakan pada tahun depan, berikut dengan wahana untuk permainan anak-anak.

Alwi menambahkan, maksud dan tujuannya ini dilakukan agar lahan kosong dan sungai di sekitar DAM Rontu terlihat bersih. Pihaknya pun ingin mengedukasi orang-orang yang datang menikmati RTH itu bisa mencintai kebersihan dan keindahan.

“Kita perkenalkan bagaimana sungai itu bersih, melihat kotor begini orang harus diberi edukasi, ini akan dijadikan tempat yang menarik perhatian. Kita lihat saja nanti,” pungkasnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru