Kabar Bima

Disnakertrans Serahkan Bantuan ke Purna dan Keluarga TKI

255
×

Disnakertrans Serahkan Bantuan ke Purna dan Keluarga TKI

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Mendorong kemajuan ekonomi untuk purna Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan keluarga para TKI yang masih ada di negara penempatan, Disnakertrans Kabupaten Bima memberikan bantuan alat pembuatan jajan untuk 80 orang di 2 Kecamatan, Kamis (28/22).

Disnakertrans Serahkan Bantuan ke Purna dan Keluarga TKI - Kabar Harian Bima
Foto bersama para purna TKI dan keluarga TKI usai menerima bantuan dari Disnakertrans Kabupaten Bima. Foto: Deno

Bantuan tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Tenaga kerja Direktorat Perluasan Kesempatan Kerja melalui program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Desmigratif dari anggaran APBN Tahun 2019 dan disampaikan Disnakertrans Kabupaten Bima.

Disnakertrans Serahkan Bantuan ke Purna dan Keluarga TKI - Kabar Harian Bima

Kabid Pengawasan Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Bima Irfan M Noor menyampaikan, sasaran bantuan tersebut adalah mantan para TKI dan keluarga TKI. Sebelum diberikan bantuan, para penerima bantuan diberikan pelatihan khusus tata cara membuat jajan oleh instruktur handal.

“Tujuan diberikan ke purna atau mantan TKI, agar mereka tidak berpikir kembali menjadi TKI. Dengan diberikan pelatihan dan bantuan, mereka bisa mandiri dan membuka usaha,” ujarnya

Ia menyebutkan, jumlah penerima bantuan sebanyak 80 orang dan dibagi menjadi 4 paket. 1 paket terdapat 20 orang penerima bantuan. Warga yang menerima manfaat tersebut adalah warga Desa Kole Kecamatan Ambalawi dan warga Desa Woro Kecamatan Madapangga.

Kedua Desa tersebut berasarkan pendataan Kementerian dan juga data yang ada di Kantor Disnakertrans Kabupaten Bima. Karena mereka warga yang paling banyak menjadi Pekerjaan Migran Indonesia (PMI).

“Kami berharap bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk membantu kebutuhan ekonomi keluarga,” harapnya.

*Kahaba-05