Pembangunan Puskesmas Donggo Baru 45 Persen, Ini Kendalanya

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pembangunan Puskesmas Donggo diperkirakan sudah mencapai 45 persen. Pembangunan puskesmas tersebut dimulai pada tanggal 11 Juli 2019 bersamaan dan 3 puskesmas lain di Kabupaten Bima yang juga sedang dibangun, yakni Puskesmas Lambu, Soromandi dan Sanggar.

Kondisi pembangunan Puskesmas Donggo. Foto: Yadien

Kepala Puskesmas Donggo Sri Hartati mengatakan, progres pembangunan puskesmas setempat sudah mencapai 45 persen. Progress itu memang terbilang lamban dibanding pembangunan puskesmas lain yang sudah mencapai 70 bahkan 80 persen.

“Alhamdulillah sekarang sudah mencapai 45 persen pembangunan gedung,” ujarnya, Kamis (28/11).

Kata dia, keterlambatan progress pembangunan itu disebabkan karena kondisi tanah yang dijadikan lokasi pembangunan puskesmas sangat terjang. Sehingga diperlukan waktu banyak untuk meratakan lokasi itu menggunakan alat berat.

“Bayangkan saja, batu yang keluar dari lokasi itu besar-besar dan banyak. Jadi memang makan banyak waktu,” katanya.

Ia menjelaskan, pembangunan Puskesmas Sanggar merupakan wujud nyata kinerja Bupati Bima melalui Dinas Kesehatan yang menginginkan pelayanan dasar kesehatan terhadap masyarakat didekatkan. Selain itu, juga sudah sesuai dengan amanat Kemenkes yang mengharuskan fasilitas kesehatan di puskesmas memadai.

“Pembanguan puskesmas menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bima tahun 2019,” bebernya.

Menurutnya, dengan adanya fasilitas dan gedung baru yang memadai itu, maka bisa dipastikan pelayanan kesehatan di puskemas setempat akan lebih baik dari yang sebelumnya.

“Tentu akan ada kemajuan dari sebelumnya. Karena sudah ada fasilitas baru,” ungkapnya.

Ia menyampaikan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dan Bupati Bima yang telah yang telah membangun gedung baru untuk puskesmas setempat.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *