oleh

Kabakaran 3 Kandang di Tumpu, Puluhan Sapi Nyaris Terbakar

-Kabar Bima-4 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- 3 unit kandang sapi di Desa Tumpu Kecamatan Bolo terbakar, puluhan sapi nyaris ikut terbakar, Selasa (3/12). 3 unit kandang tersebut diketahui merupakan milik Jairin warga Desa Tumpu, Mursalin, dan Muhammad Rum warga Desa Kananga.

Kondisi 3 kandang sapi di Desa Tumpu yang terbakar. Foto: Ist

Anggota Pemadam Kebakaran Kabupaten Bima Subhan mengatakan, kebakaran tersebut bermula dari api yang digunakan oleh Jairin membakar kotoran sapi yang sudah kering untuk membersihkan kandang. Namun, saat ditinggalkan angin membawa percikan api dan melahap jerami yang ada di kandang tersebut.

“Api melahap jerami, lalu kandang pertama terbakar dan melahap kandang kedua dan ketiga,” ujarnya.

Kata dia, puluhan sapi yang diikat di 3 kandang tersebut nyaris ikut terbakar. Namun beruntung karena banyak warga yang datang dan ikut menyelamatkan sapi.

“Hanya 1 ekor yang terkabar sedikit. Tapi tidak sampai mati,” katanya.

Pada saat kebakaran itu, ada 3 unit mobil pemadam yang dikerahkan bersama 1 unit mobil tangki air. Yakni 1 unit mobil pemadam Kecamatan Bolo, 1 unit Kecamatan Madapangga, 1 unit milik BPBD Kabupaten Bima bersama mobil tangki.

“Alhamdulillah dengan dibantu oleh personil pemadam di Kecamatan Bolo kami berhasilpadamkan api, sehingga tidak melebar ke yang lain,” ucapnya.

Ia menyebutkan, akibat kebakaran itu, diperkirakan para pemilik kandang mengalami kerugian masing-masing kurang lebih Rp 6 sampai Rp 7 juta. Karena selain kandang, pakan ternak yang ada di kandang juga ikut terbakar.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru