200 Tukang Ikut Pelatihan yang Dihelat Dinas Perkim

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 200 peserta dari Kabupaten Bima dan Kota Bima mengikuti kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi, yang digelar Dinas Perkim Kota Bima, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB serta Balai Jasa Konstruksi Surabaya, di Aula SMKN 3 Kota Bima, Kamis (5/12).

Sekda Kota Bima H Mukhtar menyematkan pin tanda dimulainya pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Aula SMKN 3 Kota Bima. Foto: Eric

Kepala Dinas Perkim Didi Fakhdiansyah menyampaikan, kegiatan yang akan digelar selama 2 hari itu merupakan kesempatan luar biasa bagi para peserta yang hadir. Karena yang akan melatih merupakan orang terbaik dan berkompoten dari balai jasa konstruksi.

Dari kegiatan ini pemerintah daerah ingin mendorong tukang agar meningkatkan kemampuan bekerja, guna membantu pemerintah untuk mensukseskan program pembangunan infrastruktur.

“Dengan kegiatan ini maka kemampuan para tukang secara SDM akan meningkat. Mutu dan kualitas pekerjaan juga dapat maksimal,” ujarnya.

Didi menuturkan, di era globalisasi ini tantangan di dunia kerja semakin tinggi, terutama pada jasa konstruksi. Karena sistem perekrutan tenaga kerja mengalami perubahan, para calon pekerja harus memiliki sertifikat keterampilan.

“Apabila tahapan pembekalan dan uji sertifikasi selesai, maka peserta akan memperoleh sertifikat sebagai pengakuan dari negara untuk bisa bekerja di bidang jasa konstruksi,” katanya.

Di tempat yang sama, Kasi Penyelenggara dan Pelatihan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya Amanda Defianti menjelaskan, pelatihan ini merupakan program untuk membantu pelaksanaan kerja pemerintah pusat dan daerah.

Ini bisa dilihat dari anggaran pembangunan fisik di Indonesia yang mencapai Rp 80 triliun setiap tahun, meliputi pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan juga perumahan dan pemukiman.

“Kami optimis melalui kegiatan ini para peserta bisa menjadi tenaga profesional dan siap membangun daerah masing-masing,” tandasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Bima H Mukhtar Landa yang membuka secara resmi kegiatan itu menambahkan, peserta yang mengikuti pembekalan agar memanfaatkan kesempatan yang langka tersebut dengan sebaik – baiknya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *