Kabar Bima

BPBD Kota Bima Pasang Radar Pemantau Hujan

241
×

BPBD Kota Bima Pasang Radar Pemantau Hujan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mendeteksi dini kebencanaan khususnya banjir dan memantau hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memasang Radar Pemantua Hujan di kantor setempat.

BPBD Kota Bima Pasang Radar Pemantau Hujan - Kabar Harian Bima
Kepala BPDB Kota Bima H Sarafuddin saat melihat alat pantau potensi hujan bersama tim teknis dari Bandung. Foto: Eric

Pemasangan itu dilakukan langsung oleh para ahli dari Bandung. Radar cuaca ini adalah bantuan dari BNPB dari hasil pengajuan Pemkot Bima melalui BPBD.

BPBD Kota Bima Pasang Radar Pemantau Hujan - Kabar Harian Bima

“Hari ini sudah terpasang dan sedang dilakukan pengujian,” ujar Kepala BPBD Kota Bima H Syarafuddin, Jumat (6/12).

Radar ini memiliki jangkauan 40 km. Maka dipastikan seluruh wilayah Kota Bima masuk dalam pantauan radar bahkan sebagian wilayah Kabupaten Bima.

Untuk fungsi kata Syarafuddin, memang berbeda dengan radar cuaca milik BMKG yang lebih lengkap. Sementara untuk Rada Pemantau Hujan ini sendiri memang hanya untuk memantau hujan dan digunakan juga oleh kapal-kapal laut.

Dari pemancar yang terpasang nanti akan memancarkan sinyal sejauh jangkauan, kemudian data yang diterima akan dianalisa oleh sistem komputer untuk bisa diinformasikan potensi hujan, tinggi curah hujan dan dimana saja wilayah akan berpotensi terjadi hujan.

“Dengan terpasangnya radar tersebut maka semua akan terpantau oleh sistem, dengan demikian deteksi dini khusus banjir akan cepat terkonfirmasi,” terang Sarafuddin.

Termasuk CCTV pemantau debit air di wilayah Lampe sambungnya, juga terkoneksi secara online. Kemudian untuk data dianalisa oleh sistem radar akan koneksi langsung pada relawan siaga bencana.

*Kahaba-04