Kabar Bima

Sukseskan Program Smart City, Dinas Kominfo Gelar FGD Rancangan Blue Print

192
×

Sukseskan Program Smart City, Dinas Kominfo Gelar FGD Rancangan Blue Print

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Focussed Group Discussion (FGD) Blue Print Smart City di aula Kantor Walikota Bima, Selasa (11/12). Kegiatan itu guna mewujudkan program Smart City di tahun 2020.

Sukseskan Program Smart City, Dinas Kominfo Gelar FGD Rancangan Blue Print - Kabar Harian Bima
Kegiatan FGD Rancangan Blue Print Smart City di Aula Kantor Walikota Bima. Foto: Eric

Kepala Diskominfo Supawarman menyampaikan, kegiatan ini bertujuan ingin menyamakan persepsi dan tujuan dalam mendukung keberhasilan program dimaksud. Karena itu, dibutuhkan peran serta OPD lain dalam menyusun program kerja secara tersistem dan terpusat. Bila sudah dilakukan, maka tinggal melaksanakan aplikasi kerja di lapangan.

Sukseskan Program Smart City, Dinas Kominfo Gelar FGD Rancangan Blue Print - Kabar Harian Bima

“Untuk mendukung program Smart City ini, tahun 2020 Comand Center akan dibangun. Nanti semua sistem informasi akan terpusat, sehingga pemerintah dapat memantau setiap pelaksanaan kegaiatan,” jelasnya.

Supawarman menuturkan, setiap tahun teknologi terus berkembang dengan pesat. Sehingga pemanfaatannya kini telah diterapkan di berbagai negara, terutama di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia.

Contoh beberapa daerah yang sudah menerapkan Smart City adalah Surabaya, Malang, Semarang, Bandung dan beberapa daerah lainnya. Daerah tersebut membangun daerah dengan menggunakan sistem jaringan, juga ditunjang dengan kesiapan sarana dan prasarana.

Untuk mewujudkan itu di Kota Bima kata Supawarman, maka peserta yang hadir terutama setiap kepala OPD, diharapkan mampu memahami materi yang dibahas, sehingga mampu diaplikasikan.

*Kahaba-04