Kabar Bima

Musim Hujan, Puskesmas Bolo Sosialisasi Cegah DBD

236
×

Musim Hujan, Puskesmas Bolo Sosialisasi Cegah DBD

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Musim hujan mulai tiba, Puskesmas Kecamatan Bolo akan sosialisasi dan cegah Demam Bedarah Dengue (DBD). Karena DBD menjadi salah satu penyakit yang ditakuti saat musim hujan.

Musim Hujan, Puskesmas Bolo Sosialisasi Cegah DBD - Kabar Harian Bima
Kepala Puskesmas Bolo Nurjanah. Foto: Yadien

“Kami akan menyosialisasikan ke masyarakat cara mencegah agar tidak terjangkit DBD. Ini juga bagian dari tindak lanjut atas imbauan Dinas Kesehatan beberapa waktu lalu,” ujar Kepala Puskesmas Bolo Nurjanah, Rabu (11/12).

Musim Hujan, Puskesmas Bolo Sosialisasi Cegah DBD - Kabar Harian Bima

Kata dia, pihaknya juga telah mengagendakan untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Namun belum bisa memastikan tanggalnya, mengingat hujan di Kecamatan Bolo sepenuhnya turun.

“Kami menunggu waktu yang tepat, agar tidak sia-sia. Biasanya kita melakukan PSN itu setelah 1 kali turun hujan,” katanya.

Ia membeberkan, setiap tahun hal serupa juga selalu dilakukan. Selain sosialisasi pencegahan, juga dilakukan PSN di desa-desa. Sebab, nyamuk itu akan berkembang pada air yang tergenang. Makanya harus diberantas sarangnya.

Nurjanah berharap, jelang musim hujan ini, masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan. Rutin membersihkan sampah dan menguras bak air agar tidak terjadi genangan.

“Diatur juga air limbah di lingkungan. Karena mencegah lebih baik dari mengobati,” ungkapnya.

*Kahaba-10