Kabar Bima

STIKES Yahya Bima Wisuda 45 Orang Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan

578
×

STIKES Yahya Bima Wisuda 45 Orang Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- 45 orang mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yahya Bima diwisuda, Sabtu (14/12). Wisuda yang digelar kali ini merupakan angkatan ke-VIII, terdiri dari jurusan D3 Kabidanan dan S1 Keperawatan.

STIKES Yahya Bima Wisuda 45 Orang Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan - Kabar Harian Bima
Proses wisuda mahasiswi STIKES Yahya Bima. Foto: Yadien

“Jurusan D3 Kebidanan sebanyak 6 orang, dan jurusan S1 Keperawatan sebanyak 39 orang,” sebut Wakil Ketua STIKES Yahya Bima Julkarnain.

STIKES Yahya Bima Wisuda 45 Orang Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan - Kabar Harian Bima

Kata dia, secara kompetensi, alumni kampus tersebut siap bersaing dan mengabdikan diri kepada masyarakat dengan kerja-kerja profesi dan pelayanan. Pasalnya, ada 3 hal yang diutamakan pada setiap alumni, yakni pengetahuan yang mumpuni, sikap dan etika kerja dan keterampilan yang memadai.

“Alumni sudah dibekali keahlian dan kemampuan untuk diterapkan pada dunia kerja,” katanya.

Dengan kemampuan itu, alumni kampus setempat akan cepat terserap pada dunia kerja. Karena instansi manapun memerlukan orang yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang dan profesi yang digeluti tersebut.

“Nah, alumni di sini sudah memiliki bekal cukup untuk itu,” tuturnya.

Untuk jurusan kebidanan sambungnya, agar segera mengikuti ujian kompetensi. Pasalnya, sesuai peraturan menteri bahwa program D3 kebidanan harus mengikuti ujian profesi sebagai persyaratan untuk mendapatkan STR.

“Kami juga berharap pemerintah daerah agar memperhatikan alumni kami untuk diserap di lapangan kerja,” harapnya.

Julkarnain menyampaikan terimakasih dan ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati. Semoga ilmu dan pengetahuan yang didapat di kampus bisa diterapkan dengan baik di lingkungan kerja, dengan menjunjung tinggi sumpah profesi serta menjaga nama baik almamater.

Ia menambahkan, dibanding tahun lalu, jumlah wisudawan tahun ini lebih sedikit. Namun tahun depan dapat dipastikan jumlah mahasiswa yang akan diwisuda lebih banyak.

“Tahun depan akan lebih banyak. Karena ada jurusan baru yakni jurusan Ners. Selain itu juga akan ditingkatkan jurusan kebidanan menjadi S1 kebidanan dan profesi kebidanan,” terangnya.

Bulan Juni 2020 nanti, pihaknya akan melakukan reakreditasi jurusan kebidanan menjadi akreditasi B agar bisa membuka S1 kebidanan.

*Kahaba-10