oleh

Pemdes Cenggu Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa (Pemdes) Cenggu menggelar pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa, Kamis (19/12) di aula kantor desa setempat. Kegiatan itu dihadiri seluruh perangkat desa dan pemateri dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa  DPMDes Kabupaten Bima.

Pemdes Cenggu Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Cenggu. Foto: Ahyar

Sekretaris Desa (Sekdes) Cenggu Hermansyah menyampaikan, kegiatan itu dihelat untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman perangkat desa setempat tentang kewenangan dan tanggungjawabnya sebagai perangkat desa yang telah digji oleh negara.

“Karena perangkat desa itu bukan saja datang ke kantor desa dan duduk diam. Bahkan ada juga yang pulang sebelum jam 12 siang,” sentilnya.

Kata dia, perangkat desa harus bisa bekerja maksimal sebagaimana tugas dan kewajiba. Apalagi, gaji perangkat desa saat ini cukup besar. Bahkan pada tahun 2020 nanti, gaji perangkat desa setara dengan gaji PNS golongan II A.

“Agar roda kepemerintahan berjalan baik, kinerja perangkat desa harus dimaksimalkan,” jelasnya.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMDes Kabupaten Bima Susanto Suputro mengatakan, peningkatan kapasitas perangkat desa tersebut dilakukan agar pemerintah desa mampu bekerja dan mengelola pembangunan di desa secara baik dan benar.

“Harus diperjelas dan dipahami. Misalnya, sekretariat desa siapa saja unsurnya, apa tugas Kaur dan Kasi. Kalau ini jalan dengan baik maka desa akan berkembang,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa itu, perangkat desa setempat mampu bersinergi dan mendorong pelaksanaan tata kelolaan pembangunan desa yang baik dan benar, termasuk memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat.

*Kahaba-C09

Komentar

Kabar Terbaru