oleh

Tak Ada Lahan, PPL Tanjung Dorong KWT Pesisir Ubah Pekarangan Jadi Kebun Sayur

-Kabar Bima-12 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Siasati karena tidak ada lahan pertanian, PPL Kelurahan Tanjung Abdul Rachim mendorong Kelompok Wanita Tani (KWT) Pesisir desa setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun sayur.

PPL Kelurahan Tanjung Abdul Rachim saat mendistribusikan bibit sayur kelada KWT Pesisir Kelurahan Tanjung. Foto: Ist

Kepada media ini Rachim mengatakan, saat ini baru 1 kelompok KWT yang ia dorong dan dampingi untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun sayur. Dalam kelompok itu, ada 25 ibu rumah tangga yang bergabung.

“Artinya ada 25 pekarangan rumah yang diberdayakan,” ujarnya, Selasa (24/12).

Kata dia, sayur-sayur yang ditanam beragam, mulai dari sawi, tomat, cabai, terong dan sebagainya. Saat ini masih ditanam dengan cara biasa sementara melatih ibu-ibu itu belajar hidroponik.

“Dengan tidak adanya lahan pertanian di sana, minimal ibu-ibu memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayur,” paparnya.

Dia menjelaskan, dengan upaya itu, paling tidak akan membantu memenuhi kebutuhan sayur warga setempat, atau mengurangi pengeluaran untuk membeli sayur. Ibu-ibu juga sekarang jika mau sayur, bisa langsung petik punya sendiri.

Selain itu, PPL muda yang sering disebut-sebut PPL Milenial itu juga menyalurkan bantuan bibit sayur dan 25 ekor unggas kepada KWT tersebut. Upaya itu, sudah sukses memanfaatkan pekarangan rumah untuk menjadi kebun sayur yang menjadikan kondisi lingkungan sejuk dan indah, juga bernilai ekonomi.

“Kelompok itu baru percobaan. Saat ini kami sedang berupaya mendorong kelompok lain juga,” ungkapnya.

Selain aktif mendorong dan mendampingi KWT Pesisir Kelurahan Tanjung, PPL yang juga bertugas di Kelurahan Dara ini aktif mengawal pendistribusian pupuk dan bantuan jagung untuk kelompok tani. Menurutnya, itu adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagaimana keniscayaan tugas ASN.

“Bersama Bhabinsa kami selalu mengawal pendistribusian pupuk dan bibit jagung di Dara,” kata dia.

Dia membeberkan, adapun jumlah bantuan bibit jagung yang baru-baru ini didistribusikan dan ia kawal di Kelurahan Dara yaknj sebanyak 1.890 kg untuk 5 kelompok tani yakni kelompok Mada Oi Ni’u, Sampandi Jara, Jenamawa, Lawata dan Batas Kota.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru