oleh

Pemkab Bima Akan Kirim 300 Tenaga Medis ke Taiwan

-Kabar Bima-0 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima pada tahun 2020, akan mengirim ratusan tenaga kerja profesional yang memiliki kualifikasi bidang kesehatan atau medis ke Negara Taiwan.

Ilustrasi

Menurut Kabid Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Bima Irfan H Nor, rencana tersebut karena pertimbangan di Kabupaten Bima banyak tenaga medis dan belum mendapat pekerjaan.

“Ini bisa menjadi solusi untuk membuka lapangan kerja bagi mereka,” katanya, Senin (30/12).

Diakui Irfan, pengiriman tenaga medis nanti bekerjasama dengan PT Citra Putera Indonesia (CPI). Perusahaan penyalur TKI yang berkedudukan di Bekasi, Jawa Barat. perusahaan yang memiliki cabang di Bima tersebut juga paling banyak merekrut tenaga kerja di Kabupaten Bima.

Ia pun merasa yakin, banyak lulusan sekolah atau perguruan tinggi kesehatan yang berminat untuk bekerja sebagai tenaga medis di Taiwan. Selain gaji besar, juga pekerjaan yang tidak terlalu berat.

“Syaratnya juga tidak terlalu berat. Yang penting mereka punya sertifikasi sesuai kompetensi,” jelasnya.

Kata dia, tenaga medis yang akan diberangkatkan anti akan ditempatkan pada beberapa rumah sakit di Taiwan. Tapi bisa jadi juga bekerja sebagai tenaga kesehatan di rumah-rumah pribadi warga Taiwan.

“Tergantung permintaan di sana,” tandasnya.

Ia menambahkan, ini pertama kalinya Pemerintah Kabupaten Bima merencanakan untuk mengirim tenaga medis ke Taiwan. Sebelumnya, tidak pernah dilakukan. Pihaknya juga akan sosialisasi terkait rencana tersebut dengan menggandeng kampus-kampus kesehatan di Bima.

“Nanti dibuatkan MoU dengan kampus-kampus untuk sosialisasi,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru