oleh

Beda Dengan yang Lain, BPD Darussalam Dipimpin Perempuan

-Kabar Bima-8 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Jika kebanyakan Badan Permusyawaran Desa (BPD) di semua desa Kecamatan Bolo dipimpin laki-laki, bahkan mungkin BPD se-Kabupaten Bima. Namun berbeda di Desa Darussalam Kecamatan Bolo. BPD di desa setempat justru dipimpin oleh Rosdiana.

Ketua BPD Desa Darussalam Rosdiana. Foto: Yadien

Kepada media Rosdiana mengatakan, keinginan untuk mengabdi secara langsung dan maksimal pada masyarakat, mendorongnya untuk tidak saja mencalonkan diri sebagai BPD, juga sebagai calon ketua. Keinginan itu berhasil ia raih setelah menang dari rivalnya yakni mantan ketua BPD setempat Haris.

“Alhamdulillah saya diberikan kepercayaan menjadi ketua,” ujarnya, Senin (30/12).

Kata dia, jumlah anggota BPD di desa setempat sebanyak 7 orang. Dari jumlah itu, ia unggul dan 3 orang memilih Haris.

“Saya menang selisih 1 suara,” ungkapnya.

Dengan posisi strategis sebagai ketua, ia ingin berperan banyak terhadap perempuan di desa. Aspirasi-aspirasi perempuan lebih diperhatikan untuk dimasukan dalam program desa. Pasalnya, selama ini tidak banyak program desa yang berpihak pada perempuan maupun disabilitas.

Rosdiana membeberkan, adapun sejumlah program untuk perempuan desa yang akan ia perjuangkan di antaranya yakni pelatihan peningkatan kapasitas perempuan melalui PKK, seperti menjahit untuk penjahit, pelatihan pembuatan kue dan sebagainya. Sehingga hasil cipta mereka memili nilai jual yang berdampak pada peningkatan kehidupan perempuan.

“Saya juga akan berjuang agar perempuan, janda dan disabilitas mendapatkan perhatian dan bantuan dari desa,” bebernya.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru