oleh

P3LD Cenggu Bersihkan Drainase, Tumbuhkan Kembali Semangat Gotong Royong

-Kabar Bima-1 kali dibaca

Kabupaten bima, Kahaba.- Hidupkan kembali semangat gotong royong, sejumlah pemuda dan masyarakat yang tergabung Persatuan Pemuda Peduli Lingkungan Desa (P3LD) menggelar gotong royong pembersihan drainase di RT 08/RW 03, Senin (30/12).

Warga Desa Cenggu saat gotong royong membersihkan drainase. Foto: Ahyar

Pemuda Desa Cenggu Obin mengatakan, semenjak ada dana desa, kegiatan gotong royong di tengah masyarakat hampir tidak lagi ada. Karena itu, pemuda setempat berinisiatif untuk memulai dan mengembalikan budaya itu.

“Budaya gotong royong sudah lama hilang, dan kami memulai kembali lewat penyadaran generasi,” ujarnya.

Selama ini kata dia, adanya dana desa tidak saja memberikan pembangunan di desa, namun tidak jarang juga melahirkan masalah sosial seperti hilangnya kesadaran gotong royong, bahkan masyarakat dininabobokkan dengan adanya dana desa.

“Anggaran desa ini harus menjadi senjata jitu dalam menyelesaikan masalah yang ada di tingkat sosial,” katanya.

Ia menjelaskan, di sekitar drainase RT 08 RW 03 selalu saja menjadi langganan banjir, baik saat hujan lebat bahkan hujan kecil.

“Antisipasi banjir itu, kami lakukan gotong royong,” tutur dia.

Ia berharap, semoga kegiatan gotong royong tersebut tidak berhenti sampai di situ. Karenanya, ia berharap kepada Pemdes setempat bisa menfasilitasi masyarakat untuk mengembalikan semangat gotong royong.

*Kahaba-C09

Komentar

Kabar Terbaru