Kabar Bima

Protes Kecurangan Pilkades, Warga Leu Demo dan Blokir Jalan

273
×

Protes Kecurangan Pilkades, Warga Leu Demo dan Blokir Jalan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tuding ada kecurangan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Leu Kecamatan Bolo, ratusan warga yang tergabung dalam Front Pemuda dan Masyarakat Desa Leu (FPMDL) menggelar aksi demontrasi dan memblokir jalan negara lintas Bima – Dompu di desa setempat, Selasa (7/1).

Protes Kecurangan Pilkades, Warga Leu Demo dan Blokir Jalan - Kabar Harian Bima
Warga Leu saat aksi dan blokir jalan memprotes kecurangan Pilkades. Foto: Yadien

Korlap aksi Sirajudin mengatakan, kuat dugaan telah terjadi kecurangan yang dilakukan oleh panitia Pilkades Leu saat Pilkades beberapa waktu lalu. Salah satu kecurangan yang ditemukan yaitu adanya pemilih ganda di desa setempat.

Protes Kecurangan Pilkades, Warga Leu Demo dan Blokir Jalan - Kabar Harian Bima

“Ada pemilih yang melakukan pemilihan di 2 desa,” ungkapnya.

Kata dia, salah satu pemilih yang dimaksud yakni Fatimah. Oknum itu sebelumnya memang tinggal di Desa Leu, tapi saat ini telah tinggal di Desa Kananga. Oknum itu, memberikan hak pilih pada Pilkades Kananga, dan juga memberi hak pilih kepada Pilkades Leu.

“Ini kan cacat. Tidak bisa 1 orang memberi hak suara pada 2 desa sekaligus,” katanya.

Karena itu, pihaknya meminta kepada Bupati Bima, DPMDes dan Pemdes Leu dan Panitia agar hadir di lokasi dan memberikan klarifikasi di hadapan masyarakat desa setempat.

“Mereka harus hadir, tegakkan keadilan,” pintanya.

Selain itu, ia juga menuntut agar membatalkan pelantikan Kades Leu terpilih dari hasil Pilkades beberapa waktu lalu, karena dianggap cacat hukum.

“Jika tuntutan ini tidak diindahkan, maka kami akan tetap demo dan blokir jalan,” ketusnya.

*Kahaba-10