oleh

BKPH Maria Donggomasa Gelar Safari Menanam Pohon

-Kabar Bima-9 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- BKPH Maria Donggomasa menggelar Safari Menanam Pohon di Kawasan Pamali Desa Raba Kecamatan Wawo, Rabu (8/10. Adapun pohon yang ditanam seperti jenis kemiri dan kelor atau moringa.

Foto bersama usai Safari Menanam Pohon. Foto: Ist

Kegiatan tersebut juga yang diikuti Jajaran Camat Wawo, Koramil Wawo, Polsek Wawo, DLH Kabupaten Bima, PT. PLN /UIP Bima, seluruh Personil BKPH MDM, Pemdes Raba, Pemdes Kombo, Kelompok Tani Perhutanan Sosial Wilayah Wawo, UPTD Dikpora Wawo, Kepsek SMA 2, Kepsek SMP Wawo, SDN Kombo, Siswa dan Pramuka, Karang taruna dan BPD Desa Raba.

Kepala BKPH Maria Donggomasa Ahyar mengatakan, kemiri dan moringa dipilih karena selain berfungsi ekologis, juga memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat berupa biji dan daun.

“Daun kelor saat ini sudah memiliki pasar yang pasti dan harga jual yang tidak kalah menjanjikan. Harga 1 kg daun kelor basah adalah Rp 2.000. Sehingga kelor dapat menjadi komoditi alternatif pengganti jagung,” ungkapnya melalui rilis yang disampaikan ke media ini.

Diakui Ahyar, safari menanam ini dilaksanakan dalam rangka kampanye sekaligus gerakan menggalakkan kegiatan menanam pohon untuk mendukung Program Prioritas NTB HIJAU menuju NTB Gemilang, yang sudah ditetapkan Gubernur NTB untuk menyikapi degradasi lingkungan dan hutan yang terjadi akhir-akhir ini.

Menurut dia, kegiatan safari ini akan dilakukan secara terus menerus, selama musim hujan. Pihaknya juga telah menentukan 4 spot yang menjadi pusat kegiatan yaitu So Pamali di Wawo, Kumbe Kota Bima, Air terjun Oi Nca Wera dan Dam Sumi Lambu.

Ahyar menambahkan, pelibatan siswa dan pramuka dalam kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan semangat menanam pada generasi muda, sebagai penerima estafet ke depan.

“Kegiatan ini harus terus dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang lestari,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru