Tahun ini Dinas Kominfo Bangun Infrastruktur Jaringan Intranet

Kota Bima, Kahaba.- Guna mendukung program Smart City, tahun ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima akan membangun infrastruktur jaringan intranet. Jarringan tersebut, akan ditempatkan di 3 titik.

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Kominfo Kota Bima Fadil. Foto: Bin

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Kominfo Kota Bima Fadil menjelaskan, pembangunan infrastruktur jaringan intranet akan terpusat di Dinas Kominfo. Titik kedua berada di kantor Walikota Bima lama dan titik ketiga di kantor Walikota Bima.

“3 tiga titik ini nanti akan saling terhubung komputer antara satu dengan lainnya. Yang dapat melakukan akses secara bersama – sama terhadap resources yang tersedia,” jelasnya, Kamis (9/1).

Diakui alumni STPDN itu, pada 3 titik itu juga akan terkoneksi jalur khusus. Jenis jalur yang dimaksud privat dan menjadi kerahasiaan pemerintah. Ketika ini terbangun, semua akan terintegrasi, seperti e-planing, e-budgeting, e-pendapatan,  dan e-aset.

“Semua nanti bisa optimal, termasuk pembahasan APBD dan sebagainya. Seperti rapat dan pertemuan jika kepala daerah berhalangan hadir, bisa melakukan video conference. Begitu juga dengan kepala OPD yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Menurut Fadil, pembangunan jaringan intranet ini akan mendukung program Smart City, karena yang paling utama Smart City adalah infrastruktur. Pada akhirnya juga, program ini untuk mendukung efektivitas dan efisiensi pekerjaan pemerintah daerah.

“Walikota Bima pun bisa menerima laporan secara langsung dari kepala OPD tanpa perlu dihadirkan atau tatap muka,” paparnya.

Saat ini tambahnya, rencana tersebut sudah masuk dalam program pemerintah tahun 2020. Nominal infrastruktur yang akan dibangun sebesar ratusan juta dan pekerjaannya akan dipihakketigakan.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *