Kabar Bima

Telkom Kini Terapkan Program IndiHome Deposit

2432
×

Telkom Kini Terapkan Program IndiHome Deposit

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kantor Daerah Telkom (Kandatel) Bima saat ini mulai menjalankan program IndiHome Deposit. Program yang dijalankan serentak seluruh Indonesia dan 58 Wilayah Telkom (Witel) mulai diberlakukan sejak tanggal 8 Januari 2020.

Telkom Kini Terapkan Program IndiHome Deposit - Kabar Harian Bima
Kepala Kandatel Bima Syarifuddin. Foto: Bin

Kepala Kandatel Bima Syarifuddin menjelaskan, IndiHome Deposit adalah sistem penyimpanan uang sejumlah harga abonemen paket 1 bulan, yang nantinya akan digunakan untuk pembayaran jika terjadi penunggakan pembayaran Indihom.

Telkom Kini Terapkan Program IndiHome Deposit - Kabar Harian Bima

“Selama ini kan biasanya tidak bayar saat pasang, dinikmati kemudian dibayar. Tapi sekarang ada uang jaminan sebesar paket yang diambil, tanpa PPN,” jelasnya, Selasa (14/1).

Saat ditemui di ruang kerjanya, Syarifuddin mengakui apabila pelanggan tersebut tidak membayar pada bulan pertama pemakaian, kemudian bulan berikutnya jaringan internetnya akan terisolir. Apabila bulan ketiga tidak datang untuk membayar, maka jaringan internet akan dicabut.

“Tunggakan pada bulan pertama itu akan dibayar melalui uang yang dideposit tersebut,” terangnya.

Menurut pria yang baru menjabat sebagai Kepala Kandatel Bima itu, tujuan dan maksud program ini diberlakukan karena banyak pelanggan yang selesai pakai, tidak memenuhi kewajiban untuk membayar. Kemudian, deposit ini semata – mata menjadi jaminan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Telkom Kini Terapkan Program IndiHome Deposit - Kabar Harian Bima
Indihome Deposit

“Memang beberapa tahun terakhir, secara keseluruhan banyak tagihan yang tidak dibayarkan,” ungkap pria asli Kabupaten Dompu itu.

Kata Syarifuddin, kenapa harus melakukan deposit, sebagai jaminan bahwa pelanggan serius untuk berlangganan IndiHome. Sementara untuk membayar deposit, caranya bisa dilakukan secara transfer FINPAY, Virtual Account dan Credit Card. Tempatnya bisa transfer di semua bank, Alfamart, Pos, Pegadaian.

Ditanya apakah deposit akan dikenakan pajak 10 persen, Syarifuddin menjawab tidak, hanya abonemennya saja. Kemudian waktu yang diberikan untuk proses pembayaran deposit yakni diberikan 3×24 jam.

Telkom Kini Terapkan Program IndiHome Deposit - Kabar Harian Bima
Indihome Deposit

“Kalau telat membayar deposit dan jika dalam 3×24 jam belum membayar, maka link bayar akan expired dan order nya akan dicancel. Lalu jika ingin tetap melanjutkan ke pemasangan, harus melakukan registrasi ulang,” paparnya.

Ia menambahkan, jika IndiHome tidak terpasang, uang deposit yang sudah dibayarkan bisa di refund. Kebijakan itu akan dilakukan jika pelanggan sudah bayar deposit namun layanan tidak terpasang di rumah pelanggan dalam jangka waktu 14 hari, setelah melakukan registrasi.

“Uang deposit juga akan dikembalikan jika setelah 12 bulan berlangganan IndiHome,” tambahnya.

*Kahaba-01