Telkom Kini Terapkan Program IndiHome Deposit

Kota Bima, Kahaba.- Kantor Daerah Telkom (Kandatel) Bima saat ini mulai menjalankan program IndiHome Deposit. Program yang dijalankan serentak seluruh Indonesia dan 58 Wilayah Telkom (Witel) mulai diberlakukan sejak tanggal 8 Januari 2020.

Kepala Kandatel Bima Syarifuddin. Foto: Bin

Kepala Kandatel Bima Syarifuddin menjelaskan, IndiHome Deposit adalah sistem penyimpanan uang sejumlah harga abonemen paket 1 bulan, yang nantinya akan digunakan untuk pembayaran jika terjadi penunggakan pembayaran Indihom.

“Selama ini kan biasanya tidak bayar saat pasang, dinikmati kemudian dibayar. Tapi sekarang ada uang jaminan sebesar paket yang diambil, tanpa PPN,” jelasnya, Selasa (14/1).

Saat ditemui di ruang kerjanya, Syarifuddin mengakui apabila pelanggan tersebut tidak membayar pada bulan pertama pemakaian, kemudian bulan berikutnya jaringan internetnya akan terisolir. Apabila bulan ketiga tidak datang untuk membayar, maka jaringan internet akan dicabut.

“Tunggakan pada bulan pertama itu akan dibayar melalui uang yang dideposit tersebut,” terangnya.

Menurut pria yang baru menjabat sebagai Kepala Kandatel Bima itu, tujuan dan maksud program ini diberlakukan karena banyak pelanggan yang selesai pakai, tidak memenuhi kewajiban untuk membayar. Kemudian, deposit ini semata – mata menjadi jaminan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Indihome Deposit

“Memang beberapa tahun terakhir, secara keseluruhan banyak tagihan yang tidak dibayarkan,” ungkap pria asli Kabupaten Dompu itu.

Kata Syarifuddin, kenapa harus melakukan deposit, sebagai jaminan bahwa pelanggan serius untuk berlangganan IndiHome. Sementara untuk membayar deposit, caranya bisa dilakukan secara transfer FINPAY, Virtual Account dan Credit Card. Tempatnya bisa transfer di semua bank, Alfamart, Pos, Pegadaian.

Ditanya apakah deposit akan dikenakan pajak 10 persen, Syarifuddin menjawab tidak, hanya abonemennya saja. Kemudian waktu yang diberikan untuk proses pembayaran deposit yakni diberikan 3×24 jam.

Indihome Deposit

“Kalau telat membayar deposit dan jika dalam 3×24 jam belum membayar, maka link bayar akan expired dan order nya akan dicancel. Lalu jika ingin tetap melanjutkan ke pemasangan, harus melakukan registrasi ulang,” paparnya.

Ia menambahkan, jika IndiHome tidak terpasang, uang deposit yang sudah dibayarkan bisa di refund. Kebijakan itu akan dilakukan jika pelanggan sudah bayar deposit namun layanan tidak terpasang di rumah pelanggan dalam jangka waktu 14 hari, setelah melakukan registrasi.

“Uang deposit juga akan dikembalikan jika setelah 12 bulan berlangganan IndiHome,” tambahnya.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.
    • Lauw Chung Ming

      Sdh deposit n sdh dicek ke 147 n petugas Indihome via telp menyatakan ad jaringan.tapi teknisi dtg lokasi tidak ad jaringan.mjnta refund deposit.tgg sampe petugas teknisi yg lain dtg.Gimana cara kerja nya Indihome???sy sdh lapor lg via Gmail n myindihome.tp jawabnnya tgg laporan komplit.sdgkan sy telp lg ke 147.cuma dibuatkan janji aj akan dikiirm teknisi lagi.tapi sampe skg.teknisi atau yg telp dr 147 maupun petugas Indihome tdk ad yg dtg atau telp.tlg dibantu refund sy.

      • Putri

        Sama, setelah seminggu berusaha proses refund via 147, datang ke Plasa Telkom, komen di Twitter akhirnya dikirim notif ke akun. Proses refund sudah seminggu, klo sampe 14 hari blm ditrf juga ya kebangetan.

        • Reni sarah octaviani

          Saya bener” kecewa banget sama indihome ga bisa di percaya ,pertama bilang harus deposit uang baru di proses registrasi nya pas di survei bilangin nya jaringan penuh ,ini gimana uang saya minta di refund tapi di persulit banget ,cs nya cuma janji aja mau kasih link tapi hasil nya 0 besar ,jgn mau langganan lagi indihome penipuan ,saya kecewa uang saya mana minta ganti

          • Tesa

            Saya heran sama indihome,awal pasang saya sudah bayar deposit sebesar 300rb namun untuk pembayaran perdana dibulan berikutnya kok bisanya 644rb,smentara saya ambil paket 280rb sebulan kcepatan 10

          • ponardyan

            maksud saya karena kita daftarnya baik2 waktu putus indihome juga pinginya baik juga, kalo dibuat ribet ya ngg usah dibayar biar diputus sendiri sama indihome.

          • sugun

            Bener banget tagihannya ga sesuai 2kli lipat dari paket yg dipilih skrg minta putus dibikin ribet

      • Eni

        Saya deposit tgl 16 februari sudah di cek teknisj tidak ada jaringan tapi sampai skr juga tidak di kembalikan juga uang saya..
        Kata sels nya sudah di laporkan suruh nunggu email atau sms..
        Tapi buktinya sampai skarang tidak ada email ataupun sms refund dana..
        Katanya paling lama 14 hari tapi buktinya sudah 21 hari tidak juga di refund uang saya…

      • Farohi

        Kerja lelet!!! Obral janji janji terus. Menunggu sampe berbulan bulan ga ada teknisi datang. Begitu ke plaza terdekat bilangnya segera di follow-up 3- 4 hari sudah bisa di pasang.. nunggu seminggu lagi blm ada teknisi datang, ke plaza 2 kali jawabnya sama aja . Janji lagi 4-5 hari. Udah nunggu lama alasan teknisi tiang ODP full / jauh.. pengajuan tiang ODP suruh nunggu nunggu dan nunggu… Bosan nunggu akhirnya gajadi pasang. Kirain udah sampe situ aja. Eh.. ternyata pengembalian deposit masih nunggu 14 hari kerja untuk mengisi link di apps myindihome. Setelah link an form di isi masih suruh nunggu lagi… Ampun dahhhhhh… BUMN macam apa ini… Ampuuunnn ampuuunnn..

        Balikin uang gua woiiii

      • Edwin Martin

        Indihome sangat mengecewakan, saya sudah bayar deposit tetapi gagal pemadanagan dan uang saya masih belum dikembalikan, saya menghubungi sc tetapi nomor wa saya di blok , sangat mengecewakan ,dan saya merasa dianiaya batin karna itu gaji pertama saya bekerja ..
        Ya Allah semoga indihome lebih jujur dan maju
        Aamiin

    • Ulfah nofitria

      Tolong dong saya sudah refund tp belum dikembalikan uang saya, tolong kembalikan uang saya,no sc saya 504193402, udah saya tunggu2 dari tgl 8 sampai sekarang belum dikembalikan uang saya

  1. Eni

    Saya deposit tgl 16 februari sudah di cek teknisj tidak ada jaringan tapi sampai skr juga tidak di kembalikan juga uang saya..
    Kata sels nya sudah di laporkan suruh nunggu email atau sms..
    Tapi buktinya sampai skarang tidak ada email ataupun sms refund dana..
    Katanya paling lama 14 hari tapi buktinya sudah 21 hari tidak juga di refund uang saya…

    • Suci

      Hai indihome, saya juga sidah bayar deposit, dan orderan saya juga di cancel di plasa. Tapi link sms refun belum juga masuk sampai saat ini. Ini bagaimana carany.

  2. Regina

    Saya juga sedang menunggu proses refund. Yang sedang menunggu refund, harap dipastikan untuk mendapat link atau sms untuk mengisi data refund seperti nomor rek dll. Nah, dari itu baru dihitung 14 harinya. Saya sudah di hari ke 11 dan belum balik2 uangnya.. semoga beneran aja 14 hari. Cape saya berurusan sama indihome, yang sudah sebulan saya telponin rutin krn mau pasang, eh tau2nya ga bisa dipasang.. jd skrg harus tunggu lg proses refundnya. Tp untunglah saya ga jadi pake indihome.. Kalo mau pasang aja ribet dan lama begini, gimana nanti kalo ada masalah dikedepannya ya..

  3. burhan

    Kl sdah transfer uang deposit..apakah tagihan pemakaian di bulan pertama tetap bayar? Kl memang bayar brarti pengeluaran lbih banyak..deposit+tagihan pertama…mhon pnjelasannya..trus apakah di jamin pemasangan kl sdh tranafer deposit?

  4. Budi

    Saya bayar deposit 215 bulan april kmrn, ambil paket 10mb, kata salesnya bulan bsk bayar 215+10% ppn. Tp tagihan skg jd 340rban. Saya tanya ke salesnya katanya ada biaya registrasi. Lha kok gak di jelasin dari awal.. tau gt gak jadi pasang. . Ternyata kena sales panci saya

  5. wa

    banyak banget yang dirugikan dari pihak indihome, apa emang lagi menggunakan kesempatan diwabah covid ini,saya juga udah deposit eh jarigan didaerah saya penuh teknisi menyarankan langsung refund saja. pas cari tau bagaimana mau refund banyak sekali kolom komentar yang merasa atau kenak di rugikan oleh indihome.
    indihome.. jadi lah perusahaan yang bijak tolong segera tindak lanjuti masalah pelanggan pelanggan mu..

    rasanya ingin menuntut

  6. AINUN NADHIFA AYUNINGRUM

    Saya baru saja memasang layanan indihome dirumah, pihak telkom telah melakukan survey dan pemasangan saat itu juga saya diajari cara setting password dan username. saya pun telah membayar deposit tapi kenapa layanan internet tersebut belum juga aktif?

  7. Aremanita

    Saya pasang indihome lancar lancar saja… sesuai prosedur.. nunggu 3 harian.. dipasang.. langsung aktif dan cepat banget buat browsing.. makasih indihome.

  8. Dave's Gunawan

    Saya registrasi 18 mei 2020 sore hari dan 19 mei 2020 pemasangan sdh selesai saya baru deposit jm 2an. Dan ternyata jam 7an mlm internet langsung tersambung

    • Rudi

      Menurut saya indihome di daerah saya termasuk bagus layanannya..saya registrasi tgl 26 dan besoknya tgl 27 siang teknisi datang dan langsung di pasang..setelah kabel terpasang baru saya disuruh bayar deposit..dan saya langsung bayar deposit,,sesaat setelah saya selesai bayar langsung ada telp konfirmasi dr telkom..dan selesai telp saat itu juga internet langsung aktif..mungkin saya termasuk yang beruntung..

  9. bremono ari

    Selamat pagi gmn proses refund ini tiket nomor IN67740331.
    bayar deposit 23 maret..kata teknisi nga ada jaringan..
    refund lama

    mohon dipercepat

    • Rudi

      Menurut saya indihome di daerah saya termasuk bagus layanannya..saya registrasi tgl 26 dan besoknya tgl 27 siang teknisi datang dan langsung di pasang..setelah kabel terpasang baru saya disuruh bayar deposit..dan saya langsung bayar deposit,,sesaat setelah saya selesai bayar langsung ada telp konfirmasi dr telkom..dan selesai telp saat itu juga internet langsung aktif..mungkin saya termasuk yang beruntung..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *