Musim Hujan, DLH Laksanakan Program Kali Bersih

Kota Bima, Kahaba.- Musim hujan tiba, banjir pun tetap menjadi ancaman serius yang tentu sangat menakutkan. Maka untuk mengantisipasinya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima akan melaksanakan Program Kali Bersih (Prokasih).

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Kota Bima Abdul Haris. Foto: Deno

Program tersebut juga guna mendorong masyarakat agar meningkatkan kesadaran terhadap kondisi sungai di sekitar tempat tinggal. Tentu saja mensukseskan program tersebut harus dimulai dari komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat, agar tetap menjaga kebersihan sungai dari buang sampah sembarangan.

Kabid Pengendalian dan Pencemaran lingkungan Abdul Haris menyampaikan, pihaknya akan mendampingi warga untuk membersihkan sungai melalui program tersebut. Untuk itu, para lurah harus segera berkoordinasi dengan DLH, jika mengetahui adanya sungai yang kotor dan dipenuhi sampah.

“Supaya segera diambil langkah bersama untuk disikapi  dan sungai kembali bersih,” katanya, Selasa (14/1).

Guna mensukseskan program itu, pihaknya juga akan bersurat ke OKP dan organisasi kemahasiswaan, untuk bersama-sama membersihkan sungai, dan terlibat dalam Prokasih ini.

Sebab sambung Haris, membersihkan sungai itu bukan saja tugas dan tanggung jawab pemerintah, tapi semua menjadi adalah tanggungjawab bersama, terutama masyarakat.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai. Karena selain gundulnya gunung, banjir juga berawal dari faktor banyaknya sampah yang dibuang sembarangan.

“Mari sama-sama menjaga kali dan sungai kita dengan baik, jangan pernah membuang sampah di sungai, karena akan merusak kebersihan airnya,” imbau Haris.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *