oleh

Tingkatkan Koordinasi Program Kerja, TP PKK Rakor Bersama KPD

-Kabar Bima-1 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Guna memaksimalkan program kerja tahun 2020, TP PKK Kota Bima menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) bersama seluruh Kepala Perangkat Daerah (KPD), di Aula Kantor Walikota Bima Rabu (15/1).

TP PKK saat Rakor bersama KPD. Foto: Eric

Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfi menyampaikan, tujuan rakor ini yakni mengkonsultasikan dan berkoorddinasi dengan seluruh perangkat daerah untuk maksimalnya kegiatan-kegiatan PKK pada tahun 2020.

Menurut Ellya, gerakan PKK secara internal masih menghadapi beberapa permasalahan. Terkait dengan sumber daya manusia, terutama pemerintah kelurahan dan kecamatan yang belum bisa menterjemahkan program kerja. Karena secara eksternal, masih ada kebijakan yang belum berpihak dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

“Hubungan kerja dalam Gerakan PKK bersifat konsultatif, koordinatif dengan tetap memperhatikan hierarki dalam setiap jenjang Tim Penggerak PKK. Oleh karena itu, untuk mensukseskan program, kami membutuhkan semua dukungan setiap perangkat daerah,” katanya.

Ia menegaskan, dalam aspek program dan kegiatan, selama ini Gerakan PKK telah mempunyai 10 Program Pokok PKK yang tebukti mampu menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat di Kelurahan.

Idealnya, 10 Program tersebut dalam implementasinya harusnya senantiasa mengikutsertakan masyarakat secara aktif, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pemeliharaan, serta pengembangan hasil-hasilnya.

“Bilamana tahapan dan proses pengelolaan 10 Program Pokok PKK itu dapat dilakukan sebagaimana dimaksud, maka hal ini akan merupakan salah satu kunci keberhasilan Gerakan PKK,” tandasnya.

Sementara itu Assisten III Setda H Syukri menyampaikan siap menyelaraskan dan mengkoordinasikan dengan setiap perangkat daerah, untuk mendukung dan mensukseskan setiap program kerja PKK dalam membangun serta mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sehat.

“Kami instruksikan kepada semua OPD yang hadir, untuk segera menyusun program kerja tahun ini. Kemudian mensingkronkan dengan program kerja PKK, agar bisa berkolaborasi dalam mensukseskannya,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru