Dana Kelurahan Bisa Dipakai untuk Penanganan Sampah

Kota Bima, Kahaba.- Agar penanganan sampah di tiap kelurahan maksimal, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota berencana untuk memberdayakan petugas kelurahan dan ketua RT. Agar ke depan penanganan sampah tersistim mulai dari bawah, sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kepala DLH Kota Bima H Alwi Yasin. Foto: Bin

“Rencana pemberdayaan perangkat kelurahan dan Ketua RT untuk penanganan sampah memang akan mulai dilakukan tahun ini,” terang Kepala DLH Kota Bima H Alwi Yasin, kemarin.

Menurut dia, perangkat kelurahan dan ketua RT lebih paham akan kondisi masyarakat dan lingkungan. Maka peran mereka juga akan sangat membantu untuk memaksimalkan pengelolaan sampah.

Guna mendukung pera-peran tersebut kata Alwi, kelurahan boleh mengalokasian anggaran pengolahan persampahan dari dana kelurahan. Nanti, DLH yang akan mengeksekusi ke TPA.

“Dari dana kelurahan itu dipakai untuk insentif petugas kebersihan tingkat kelurahan dan RT. Dengan begitu sistem penanganan sampah terintegrasi,” jelasnya.

Nanti sambungnya, DLH juga akan fokus pada pengangkutan sampah di tempat pembuangan sampah sementara masing-masing kelurahan dan jalan-jalan protokol serta komplek pertokoan. Maka untuk memaksimalkan itu semua, akan ada pengadaan motor 3 roda, untuk melayani pengambilan sampah ditiap lingkungan. Kendaraan itu dapat dimiliki dan dirawat oleh pemerintah kelurahan.

“Keinginan ini akan dijalankan pada beberapa kelurahan dulu. Kemudian dilanjutkan ke kelurahan lain. Nanti kita undang lurah dan RT untuk sosialisasi awal,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *