Peternak di Ntobo Ikut Pelatihan Pengolahan Pakan Sapi

Kota Bima, Kahaba.- Puluhan peternak di Kelurahan Ntobo Kota Bima mengikuti kegiatan pelatihan pengolahan pakan sapi, yang dihelat oleh Bagian Ekonomi Setda Kota Bima bekerja sama dengan sejumlah perbankan dan OJK, Kamis (23/1) di kelurahan setempat.

Peternak di Kelurahan Ntobo saat mengikuti kegiatan pelatihan pengolahan pakan sapi. Foto: Ist

Kasubbag Sarana Perekonomian Bagian Ekonomi Setda Kota Bima Mukhlis menjelaskan, kegiatan dimaksud terbagi dua, pertama sosialisasi produk keuangan yakni KUR pembiayaan ultra mikro dan asuransi ternak sapi. Kemudian kedua yakni pelatihan pengolahan pakan sapi.

“Pendanaan kegiatan ini patungan Bank Indonesia dan OJK. Sementara pelatihan pengolahan pakan diberikan langsung oleh peternak binaan Bank Indonesia yang ada di Lombok Tengah,” katanya.

Diakui Mukhlis, pelatihan ini atas permintaan dari Tim Percepataan Akses Keuangan Daerah Kota Bima, yang kebetulan program tim terssebut sejalan dengan program Bank Indonesia untuk Integrated Farming.

“Jadi kami hubungi Bank Indonesia untuk membantu dengan mengirimkan pelatih untuk melatih pengolahan pakan,” terangnya.

Untuk peserta yang mengikuti kegiatan sambungnya, ada 30 peternak yang ada di sekitar Kelurahan Ntobo dan PPL dari Dinas Pertanian Kota Bima. Dengan adanya PPL, diharapkan nanti bisa mendampingi dan mensosialisasikan di kelurahan lain.

“Masyarakat juga diharapkan bisa mengolah sendiri dan memproduksi sendiri pakan dari usaha penggemukan ternak ini, agar cepat tercapai bobot ternak yang diinginkan,” pungkasnya.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *