Pasca Penutupan LK II Tingkat Nasional, KAHMI dan HMI Cabang Bima Gelar Kegiatan Penanaman

Kota Bima, Kahaba.- Usai melaksanakan kegiatan penutupan LK II Tingkat Nasional yang diikuti peserta dari berbagai daerah, antara lain dari Makassar, Goa Raya, Singaraja (Bali), Mataram, Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima. KAHMI dan HMI Cabang Bima mennyelenggarakan kegiatan penghijauan ratusan pohon pada kawasan hutan lindung yang berlokasi So Oi Dadi Kelurahan Jatibaru Kota Bima, kemarin.

KAHMI dan HMI Cabang Bima saat melaksanakan penanaman. Foto: Ist

Menurut Ketua HMI Cabang Bima Sukrin, kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya mengimplementasikan komitmen terhadap kelestarian lingkungan, yang saat ini sudah mengalami kerusakan.

“Kegiatan ini bersifat dadakan, sebagai respon atas dinamika lingkungan di Bima, karena hampir semua areal gunung sudang digundulkan oleh masyarakat,” katanya.

Kata Sukrin, kendati aksi penggundulan tersebut bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat, namun dampaknya terhadap perubahan lingkungan sangat luar biasa. Sehingga diperlukan solusi pemanfaatan tanah gunung ini secara lebih arif.

Di sisi lain, Pj Ketua KAHMI Kota Bima Muhammad Natsir mengimbau kiranya komitmen keilmuan yang dimiliki oleh kader HMI harus diselaraskan dengan komitmen terhadap lingkungan hidup, sehingga berdampak positif bagi kemaslahatan umat.

Natsir juga menyampaikan agar kegiatan peduli lingkungan ini dijadikan agenda tahunan yang digagas secara besar besaran, terformat, terencana dan terkoodinasi denga semua stakeholder.

“Yang lebih penting lagi adalah bahwa kegiatan penanman harus dikawal secara baik, sehingga dapat tumbuh dan berkembang kawasan hutan yang kondusif,” jelasnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *