Peran Kelompok Informasi Masyarakat Akan Ditingkatkan

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima tahun ini akan mendorong terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di tiap kelurahan. KIM yang sebelumnya sudah ada pada beberapa kelurahan juga akan mulai ditingkatkan keberadaan dan perannya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Supawarman. Foto: Bin

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Supawarman, KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif, yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat.

“Pengangkatan kelompok ini pemerintah kelurahan, sementara nama-nama KIM ditiap kelurahan di Kota Bima akan disahkan oleh Walikota Bima,” terangnya, Selasa (28/1).

Untuk bentuk kerja – kerja KIM kata dia, akan diatur pada Peraturan Walikota (Perwali) Bima. Kelompok tersebut akan memberikan informasi kepada pemerintah, tentang permasalahan apa yang ada di masyarakat. Sehingga pimpinan daerah bisa langsung mengambil kebijakan dan solusi.

Pemerintah juga sambungnya, sesuai Perwali akan mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri, sebagai wahana informasi dalam masyarakat. Kemudian meningkatkan peran KIM dalam memperlancar arus informasi antar pemerintah dengan masyarakat dan antar golongan masyarakat.

“Karena kelompok ini akan sangat membantu, rencananya nanti pemerintah akan memberikan bantuan sejumlah komputer,” katanya.

Supawarman menjelaskan, karena program KIM sejalan dengan keberadaan Rumah Aspirasi dibeberapa kelurahan, maka bisa dimanfaatkan Rumah Aspirasi untuk bekerja. Kelurahan yang belum memiliki rumah aspirasi, untuk sementara bisa memakai kantor pemerintah kelurahan.

Ia menambahkan, tentu peran KIM nanti akan sangat diharapkan. Karena aktivitas kelompok tersebut dalam mendayagunakan informasi, dapat meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat dan meningkatkan aktivitas KIM dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *