Kabar Bima

Calender of Event Kota Bima 2020 Diluncurkan, Walikota Ingin Ada Komitmen Bersama Kembangkan Pariwisata

359
×

Calender of Event Kota Bima 2020 Diluncurkan, Walikota Ingin Ada Komitmen Bersama Kembangkan Pariwisata

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE dan Wakil Walikota (Wawali) Bima Feri Sofiyan menghadiri acara peluncuran Calender Of Event Kota Bima tahun 2020, yang digelar Dinas Pariwisata Kota Bima, di Gedung Seni dan Budaya Kota Bima, Rabu (29/1).

Calender of Event Kota Bima 2020 Diluncurkan, Walikota Ingin Ada Komitmen Bersama Kembangkan Pariwisata - Kabar Harian Bima
Walikota Bima HM Lutfi saat menyampaikan sambutan pada peluncuran Calender of Event Kota Bima Tahun 2020. Foto: Dok Hum

Peluncuran Calender Of Event Kota Bima diawali dengan tarian khas daerah Bima Tari Buja Kadanda dan Tari Wura Bongi Monca serta persembahan lagu khas Bima, melalui seni Ndiri Biola yang disertai Patu Mbojo.

Calender of Event Kota Bima 2020 Diluncurkan, Walikota Ingin Ada Komitmen Bersama Kembangkan Pariwisata - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima Sunarti saat menyampaikan laporan menjelaskan, peluncuran Calendar of Event telah diawali dengan penetapan dari semua dinas yang memiliki event, sehingga Kota Bima memiliki sekitar 44 item event yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2020.

Dijelaskannya, tujuan peluncuran Calendar of Event yaitu untuk meningkatkan daya tarik daerah, nasional bahkan dunia yang akan berdampak pada ekonomi lokal secara langsung. Selain itu juga untuk melestarikan dan menggali kembali budaya-budaya yang memang dirasakan sudah hampir punah.

Sementara itu, Walikota Bima HM Lutfi melalui sambutan mengungkapkan, pariwisata turut menjadi salah satu tolak ukur yang mampu menggerakkan sektor ekonomi. Tarian-tarian dan makanan khas daerah harus mampu untuk tetap dilestarikan. Diimbau juga kepada seluruh perangkat daerah agar dalam penyajian makanan pada setiap event menggunakan makanan khas Bima.

“Hari ini kita menginginkan komitmen bersama, bukan hanya pemerintah namun juga masyarakat, swasta, BUMN/BUMD hingga stakeholder untuk terus mendorong pariwisata, mendongkrak ekonomi masyarakat. Tanpa dukungan dari sektor swasta, BUMN/BUMD, Penggiat pariwisata dan POKDARWIS, tidak mungkin pariwisata bisa maju,” jelasnya.

Peluncuran Calendar of Event ditandai dengan penyerahan secara simbolis Calendar of Event Kota Bima tahun 2020 oleh Walikota Bima kepada 5 pimpinan BUMN/BUMD serta pemukulan gendang secara bersama oleh Walikota Bima, Wakil Walikota Bima beserta seluruh FKPD Kota Bima.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, Pimpinan bersama anggota DPRD Kota Bima, Kapolres Bima Kota, Dandim 1608/Bima, Sekretaris Daerah Kota Bima, Staf Ahli dan Asisten Setda Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima, Ketua Iswara Kota Bima, Pimpinan Perangkat Daerah serta pejabat lingkup pemerintah Kota Bima, Camat, Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan beserta anggota organisasi masyarakat/pemuda/wanita, BUMN/BUMD, Instansi Vertikal.

*Kahaba-01