oleh

Januari 2020, 197 Warga Kabupaten Bima Mendaftar Jadi TKI

-Kabar Bima-30 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Data Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima menyebutkan, selama bulan Januari 2020 terdapat 197 orang warga Kabupaten Bima yang telah mendaftar menjadi calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Pegawai Disnakertrans Kabupaten Bima sedang proses pemeriksaan administrasi dari pemilik PT dan calon TKI. Foto: Deno

Kabid Pengembangan Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Bima Irfan M Noor menyampaikan, jumlah TKI tersebut mendaftar untuk bekerja di Asia Pasifik.

Yang mendaftar bekerja di Negara Brunai Darussalam sebanyak 12 orang dan semuanya berjenis kelamin perempuan. Untuk negara Hongkong sebanyak 27 orang perempuan.

Sedangkan yang mendaftar ke Malaysia sebanyak 10 orang, lalu yang berminat ke Singapura sebanyak 62 orang perempuan. Kemudian yang mendaftar ke negara Taiwan sebanyak 67 orang perempuan.

“Semua calon TKI masih dalam tahap registrasi dan masih dalam proses pemeriksaan, baik pemeriksaan kesehatan, administrasi serta kelengkapan lain,” ujarnya, Senin (3/2).

Kata Irfan, para calon TKI itu didaftarkan oleh 21 PT atau PPTKIS dari ratusan PT yang sudah terdaftar di LTSA Disnakertrans Kabupaten Bima. Setelah didaftarkan, maka akan disahkan oleh Disnakertrans, melalui sejumlah proses seperti administrasi, wawancara serta proses lain.

“Apabila semuanya memenuhi unsur dan prosedur, maka siap diberangkatkan pada negara penempatan sesuai permintaan,” katanya.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru